Definisi
TKA Matematika SD/MI/sederajat mengukur kemampuan murid dalam memahami fakta, konsep, prinsip, dan prosedur matematika, serta kemampuan mereka dalam menerapkan pengetahuan matematika untuk menyelesaikan masalah (problem solving).
Muatan
Muatan TKA Matematika SD/MI/sederajat merujuk pada elemen kurikulum atau materi matematika yang dipelajari murid yang ada pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Elemen ini meliputi:
Bilangan
Geometri dan Pengukuran
Data
Kompetensi
Pengetahuan matematika diukur melalui permasalahan dalam konteks matematika dan permasalahan dalam konteks keseharian yang dapat meliputi kejadian atau situasi di lingkup personal, keluarga, atau lingkungan sekitar.
Tes Kemampuan Akademik (TKA) Matematika SD/MI/sederajat mengukur kemampuan matematis sebagai berikut:
Pengetahuan matematika
Representasi matematis
Penalaran
Pecahan masalah matematis
Koneksi matematis
Matriks Asesmen
|
No. |
Elemen/ Materi |
Sub-elemen/ Submateri |
Kompetensi |
Batasan/ Catatan |
|
1. |
Bilangan |
Bilangan Rasional |
Memahami,
mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan
permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut: ●
Pecahan
senilai menggunakan
gambar dan simbol matematika; ●
Perbandingan dan pengurutan
bilangan pecahan; ●
Relasi berbagai bentuk pecahan
(pecahan sederhana, desimal, persen); ●
Operasi penjumlahan,
pengurangan, perkalian, dan pembagian bilangan
cacah; ●
Operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan
pecahan, serta operasi perkalian dan pembagian bilangan pecahan dengan
bilangan asli; ●
Kelipatan, faktor,
KPK, dan FPB bilangan
asli. |
|
|
2. |
Geometri dan Pengukuran |
Objek Geometri |
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut: ●
Bentuk bangun datar; ●
Konstruksi bangun ruang dan visualisasi
spasial (bagian
depan, atas, dan samping). |
Bangun datar mencakup
segitiga, segiempat, dan segi banyak
Bangun
ruang mencakup kubus, balok, dan
gabungannya |
|
Pengukuran |
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut: ●
Panjang benda menggunakan satuan baku; ●
Hubungan antar-satuan Baku panjang (mm, dm, cm, m, dam, hm, km); ●
Volume benda menggunakan satuan baku; ●
Hubungan antar-satuan baku volume (ml, dl, cl, l, dal, hl, kl); ●
Berat benda menggunakan satuan baku; ●
Hubungan antar-satuan baku berat (mg, dg, cg,
g, dag, hg, kg); ●
Waktu; |
|||
|
|
|
|
●
Hubungan antar-satuan waktu (detik, menit, jam, hari, pekan, bulan, tahun); ●
Laju perubahan
(kecepatan); ●
Keliling dan luas bangun datar (segitiga, segiempat, dan segi banyak); ●
Volume bangun ruang (kubus, balok, dan gabungannya); ●
Besar sudut; ●
Penaksiran ukuran. |
|
|
3. |
Data |
Penyajian dan Penggunaan Data |
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut: ●
Penyajian data (gambar, piktogram, diagram
batang, dan tabel frekuensi); ●
Pengambilan informasi dan penggunaan data. |
|
| No Soal | 1 |
|---|---|
| Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan, serta operasi perkalian dan pembagian bilangan. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | A |

| No Soal | 2 |
|---|---|
| Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan, serta operasi perkalian dan pembagian bilangan. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | C |
Menjelang tahun ajaran baru, Toko Buku ABC memberikan diskon 10% untuk semua jenis buku. Diketahui harga buku X adalah
dari harga buku Y dan harga buku Z adalah 0,75 kali harga buku Y. Apabila harga buku Y adalah Rp24.000,00, harga buku X + Z setelah dikenakan diskon adalah ….
Pak Bondan seorang penjual susu kedelai. Suatu hari, Pak Bondan memproduksi susu kedelai sebanyak 9 wadah yang masing-masing berisi
liter susu kedelai. Seluruh hasil produksi tersebut akan dituangkan ke dalam 47 botol besar dengan isi yang sama banyak dan ke dalam 17 botol kecil dengan isi setiap botolnya adalah setengah botol besar.
| No Soal | 3 |
|---|---|
| Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan, serta operasi perkalian dan pembagian bilangan. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK Kategori |
| Kunci | A. Benar B. Benar C. Salah |
Tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut tentang hasil produksi susu kedelai Pak Bondan!
| # | Pernyataan | Benar | Salah |
| A. | Pada hari itu Pak Bondan memproduksi |
|
|
| B. | Setiap botol besar diisi susu kedelai sebanyak |
|
|
| C. | Total susu kedelai yang dikemas dalam botol kecil adalah |
|
|
Mae sedang bermain ular tangga dengan Doni. Bermain ular tangga membutuhkan dadu dan bidak. Diketahui bahwa jumlah titik pada setiap dua sisi berlawanan pada dadu adalah sama. Pada saat giliran Mae bermain, Mae melempar dadunya. Berikut adalah dadu hasil lemparan Mae.

| No Soal | 4 |
|---|---|
| Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait konstruksi bangun ruang dan visualisasi spasial (bagian depan, atas, dan samping). |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | B |
Pada dadu tersebut, banyak titik yang ada di sisi bawah adalah ….
Setiap bulan Ramadan, SD Harapan mengadakan bakti sosial. Mereka membagi sembako yang berisi 3 kg beras, dua bungkus gula pasir dengan berat masing-masing kemasan 5 hg, dan lima bungkus mi instan dengan berat per bungkus 85 g.
| No Soal | 5 |
|---|---|
| Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait hubungan antar-satuan baku berat (mg, dg, cg, g, dag, hg, kg). |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK MCMA |
| Kunci | A,C |
Seberapa berat paket sembako tersebut?
Pilihlah jawaban yang benar! Jawaban benar lebih dari satu.
SD Harapan baru saja meresmikan ruang perpustakaan untuk siswa. Bu Anita sedang mendata banyak siswa yang berkunjung ke perpustakaan tersebut pada lima hari pertama sejak diresmikan. Diagram berikut menggambarkan data yang diperoleh Bu Anita.

| No Soal | 6 |
|---|---|
| Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait pengambilan informasi dan penggunaan data |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK Kategori |
| Kunci | A. Benar B. Salah C. Benar |
Deskripsi apakah yang tepat tentang data pada diagram tersebut?
Tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!
| # | Pernyataan | Benar | Salah |
| A. | Banyak siswa yang mengunjungi perpustakaan pada hari senin hanya |
|
|
| B. | Total siswa pengunjung perpustakaan mulai dari hari Senin hingga hari Jumat adalah 100. |
|
|
| C. | Perbedaan banyak pengunjung harian dengan hari sebelumnya tidak lebih dari 5 orang. |
|
|
liter susu kedelai.
liter.
liter.
dari pengunjung pada hari Rabu.