Definisi
Muatan
Muatan TKA Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan/Pendidikan Pancasila disusun berdasarkan elemen atau materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Kurikulum 2013 dengan Pendidikan Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Muatan tersebut terdiri dari pengetahuan tentang:
- Pancasila yang meliputi Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, identitas nasional, hak asasi manusia dan demokrasi Pancasila
- Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang meliputi penegakan hukum, perlindungan HAM, ketentuan UUD NRI Tahun 1945, demokrasi, hubungan pemerintah pusat dan daerah
- Bhinneka Tunggal Ika yang meliputi integrasi nasional, mengelola kebinekaan sebagai modal sosial, harmoni dalam keberagaman, dan ancaman terhadap kebinekaan, dan
- Komitmen terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia yang meliputi Perilaku warga negara yang baik, menjaga keutuhan NKRI, sistem pertahanan Indonesia, peran Indonesia dalam perdamaian dunia, dan demokrasi Indonesia.
Kompetensi
TKA Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan/Pendidikan Pancasila mengukur kemampuan berikut:
- Pemahaman konsep Pancasila, UUD tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan komitmen terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia
- Penerapan konsep Pancasila, UUD tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan komitmen terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia
- Penalaran dalam menyelesaikan permasalahan terkait Pancasila, UUD tahun 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan komitmen terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Matriks Asesmen
|
No. |
Elemen/ Materi |
Sub-elemen/ Submateri |
Kompetensi |
|
1. |
Pancasila |
Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, identitas nasional, hak asasi manusia dan demokrasi Pancasila. |
Menjelaskan, menerapkan dan menganalisis makna sila- sila Pancasila, sejarah perumusan Pancasila, dasar negara, ideologi, identitas nasional, pelaksanaan hak asasi manusia, demokrasi Pancasila, permasalahan dan solusi dalam penerapan nilai-nilai Pancasila. |
|
2. |
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 |
Penegakan hukum, perlindungan HAM, ketentuan UUD NRI Tahun 1945, demokrasi, hubungan pemerintah pusat dan daerah, kewenangan lembaga negara, hak dan kewajiban warga negara. |
Menjelaskan, menerapkan, dan menganalisis perilaku taat hukum, sejarah dan perkembangan undang- undang dasar di Indonesia, kewenangan lembaga negara menurut UUD NRI Tahun 1945, hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, demokrasi, hak dan kewajiban warga negara. |
|
3. |
Bhinneka Tunggal Ika |
Integrasi nasional, mengelola kebinekaan sebagai modal sosial, harmoni dalam keberagaman, implementasi prinsip gotong royong, dan ancaman terhadap kebinekaan. |
Menjelaskan, menerapkan dan menganalisis kebersamaan dan keberagaman dalam Bhinneka Tunggal Ika, implementasi prinsip gotong royong, kebinekaan sebagai modal sosial, dan potensi ancaman terhadap keberagaman. |
|
4. |
Negara Kesatuan Republik Indonesia |
Perilaku warga negara yang baik, bentuk negara, bentuk dan sistem pemerintahan, pengaruh kemajuan IPTEKS terhadap NKRI, menjaga keutuhan NKRI dalam konteks Wawasan Nusantara, menjadi pelopor pemilih pemula dalam demokrasi Indonesia, menjaga keutuhan NKRI, sistem pertahanan Indonesia, peran Indonesia dalam perdamaian dunia, dan demokrasi Indonesia. |
Menjelaskan, menerapkan dan menganalisis perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban warga negara, menjaga keutuhan NKRI, peran Indonesia dalam perdamaian dunia, sistem pertahanan dan keamanan negara, praktik demokrasi, bentuk negara, bentuk pemerintahan, dan sistem pemerintahan. |
Sistem pemerintahan Indonesia terbagi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang hubungannya diatur sesuai peraturan perundang-undangan. Hubungan ini kerap menimbulkan berbagai tantangan, terutama dalam pelaksanaan otonomi daerah, pembagian anggaran, serta sinkronisasi kebijakan pusat dan daerah.
| No Soal | 1 |
|---|---|
| Kompetensi | Menjelaskan, menerapkan dan menganalisis tentang penegakan hukum, perlindungan HAM, ketentuan UUD NRI Tahun 1945, demokrasi, hubungan pemerintah pusat dan daerah |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | B |
Berdasar ilustrasi tersebut, tantangan dari hubungan antara pemerintah pusat dan daerah, yakni….
| No Soal | 2 |
|---|---|
| Kompetensi | Menjelaskan, menerapkan dan menganalisis tentang Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, identitas nasional, hak asasi manusia dan demokrasi Pancasila. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK Kategori |
| Kunci | Pernyataan A. Salah B. Salah C. Benar |
Sila pertama Pancasila berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”.
Tentukan Benar (B) atau Salah (S) makna dari sila pertama Pancasila pada pernyataan berikut ini !
| # | Pernyataan | Benar | Salah |
| A. | Semua penganut agama dan kepercayaan mengembangkan ajaran agama secara bersama. |
|
|
| B. | Sila tersebut menjadi dasar penerapan toleransi dengan penganut kepercayaan yang sama. |
|
|
| C. | Prinsip sila pertama Pancasila menjamin kebebasan beribadah semua agama dan kepercayaan. |
|
|
Masyarakat di seluruh wilayah tanah air Indonesia seharusnya memiliki kesadaran yang sama menjaga keutuhan NKRI, salah satunya dalam bidang pertahanan dan keamanan. Melemahnya peran masyarakat untuk menjaga pertanahan berdampak pada munculnya ancaman yang bisa datang dari dalam maupun luar. Berdasarkan ilustrasi di atas, tentukan alasan pentingnya masyarakat ikut serta dalam menjaga keutuhan NKRI!
| No Soal | 3 |
|---|---|
| Kompetensi | Menjelaskan, menerapkan dan menganalisis tentang perilaku warga negara yang baik, menjaga keutuhan NKRI, sistem pertahanan Indonesia, peran Indonesia dalam perdamaian dunia, dan demokrasi Indonesia |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK MCMA |
| Kunci | B, C, E |
Klik pada setiap pilihan jawaban benar! Jawaban benar lebih dari satu.
| No Soal | 4 |
|---|---|
| Kompetensi | Menjelaskan, menerapkan dan menganalisis tentang penegakan hukum, perlindungan HAM, ketentuan UUD NRI Tahun 1945, demokrasi, hubungan pemerintah pusat dan daerah |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | C |
Pada masa Orde Baru, pelaksanaan demokrasi Pancasila mengalami berbagai tantangan seperti pembatasan kebebasan berpendapat, dominasi partai politik tertentu, serta lemahnya fungsi pengawasan terhadap pemerintah. Upaya paling tepat untuk mencegah terulangnya kondisi tersebut adalah ….
Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) terdapat sebanyak 180.954 konten bermuatan intoleransi, radikalisme, ekstremisme, dan terorisme di ruang siber. Oleh karena berbahaya bisa menimbulkan ancaman terhadap negara terutama bagi bhinneka tunggal ika, maka konten-konten tersebut telah diblokir.
| No Soal | 5 |
|---|---|
| Kompetensi | Menjelaskan, menerapkan dan menganalisis tentang integrasi nasional, mengelola kebinekaan sebagai modal sosial, harmoni dalam keberagaman, dan ancaman terhadap kebinekaan. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | C |
Berdasarkan ilustrasi tersebut, potensi akibat yang ditimbulkan dari ancaman tersebut, yaitu…
Di suatu sekolah yang memiliki latar belakang yang beragam, Dimas aktif mengajak teman-temannya untuk saling menghargai perbedaan budaya dan tidak membeda-bedakan dalam bergaul. Ia juga mengingatkan agar tidak membuat konten media sosial yang dapat memecah belah.
| No Soal | 6 |
|---|---|
| Kompetensi | Menjelaskan, menerapkan dan menganalisis tentang perilaku warga negara yang baik, menjaga keutuhan NKRI, sistem pertahanan Indonesia, peran Indonesia dalam perdamaian dunia, dan demokrasi Indonesia. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK MCMA |
| Kunci | A, C, D |
Berdasarkan ilustrasi, tentukan hubungan antara perilaku tersebut dengan menjaga keutuhan NKRI!
Klik pada setiap pilihan jawaban benar! Jawaban benar lebih dari satu.
Pada suatu peringatan hari besar keagamaan semua masyarakat menghormati pelaksanaan ibadah dan memberikan kesempatan untuk merayakannya dengan khidmat.
| No Soal | 7 |
|---|---|
| Kompetensi | Menjelaskan, menerapkan dan menganalisis tentang Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, identitas nasional, hak asasi manusia dan demokrasi Pancasila. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | D |
Perilaku tersebut merupakan perwujudan Sila Pertama Pancasila yang penting dilakukan karena….
Pada sebuah wilayah perbatasan, pembangunan infrastruktur belum merata dibandingkan daerah lainnya. Kondisi ini menimbulkan rasa ketidakadilan dan keluhan dari masyarakat setempat. Beberapa kelompok mulai menyuarakan sikap antipemerintah dan mempertanyakan komitmen negara terhadap kesejahteraan seluruh rakyat. Jika dibiarkan, situasi ini dapat berkembang menjadi ancaman serius bagi persatuan nasional.
| No Soal | 8 |
|---|---|
| Kompetensi | Menjelaskan, menerapkan dan menganalisis tentang integrasi nasional, mengelola kebinekaan sebagai modal sosial, harmoni dalam keberagaman, dan ancaman terhadap kebinekaan |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | A |
Berdasar ilustrasi tersebut, solusi untuk mencegah dampak negatif dari kondisi tersebut terhadap persatuan bangsa, adalah….
Di suatu sekolah yang memiliki latar belakang yang beragam, Dimas aktif mengajak teman-temannya untuk saling menghargai perbedaan budaya dan tidak membeda-bedakan dalam bergaul. Ia juga mengingatkan agar tidak membuat konten media sosial yang dapat memecah belah.
| No Soal | 9 |
|---|---|
| Kompetensi | Menjelaskan, menerapkan dan menganalisis tentang perilaku warga negara yang baik, menjaga keutuhan NKRI, sistem pertahanan Indonesia, peran Indonesia dalam perdamaian dunia, dan demokrasi Indonesia. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK MCMA |
| Kunci | A, B, C |
Berdasarkan ilustrasi, tentukan hubungan antara perilaku tersebut dengan menjaga keutuhan NKRI!
Klik pada setiap pilihan jawaban benar! Jawaban benar lebih dari satu.
| No Soal | 10 |
|---|---|
| Kompetensi | Menjelaskan, menerapkan dan menganalisis tentang penegakan hukum, perlindungan HAM, ketentuan UUD NRI Tahun 1945, demokrasi, hubungan pemerintah pusat dan daerah |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | A |
Pada masa berlakunya UUDS 1950, pemerintah sering berganti dan tidak stabil karena koalisi partai politik pecah yang menyebabkan pengambilan kebijakan negara menjadi tidak efektif. Berdasarkan peristiwa tersebut, pelaksanaan demokrasi tidak berjalan lancar karena ….
Pada awal kemerdekaan Indonesia, terdapat perdebatan tajam tentang dasar negara karena perbedaan keinginan antara negara berdasarkan agama tertentu, paham sekuler, dan sosialisme. Namun pada akhirnya, Pancasila dipilih sebagai dasar dan ideologi negara. Alasan utama Pancasila diterima sebagai ideologi negara dalam situasi keberagaman ideologis tersebut karena Pancasila ….
| No Soal | 11 |
|---|---|
| Kompetensi | Menjelaskan, menerapkan dan menganalisis makna sila-sila Pancasila, sejarah perumusan Pancasila, dasar negara, ideologi, identitas nasional, pelaksanaan hak asasi manusia, demokrasi Pancasila, permasa |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | D |
Pada suatu masyarakat adat di suatu desa terpencil, terjadi penolakan terhadap pembangunan gedung pemerintah desa, karena merasa tidak membutuhkan fasilitas tersebut. Pemerintah daerah setempat berupaya mencari solusi agar pembangunan tetap berjalan dengan melakukan dialog dan bertemu dengan para tokoh masyarakat adat. Solusi yang dilakukan dengan mengangkat beberapa tokoh adat menjadi petugas di kantor desa tersebut.
| No Soal | 12 |
|---|---|
| Kompetensi | Menjelaskan, menerapkan dan menganalisis perilaku taat hukum, sejarah dan perkembangan undang undang dasar di Indonesia, kewenangan lembaga negara menurut UUD NRI Tahun 1945, hubungan pemerintah pusat |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK MCMA |
| Kunci | B, D, E |
Berdasarkan ilustrasi, tentukan alasan pentingnya dilakukan solusi atas kasus tersebut berdasarkan pernyataan berikut! Jawaban benar lebih dari satu.
Platform media sosial tidak hanya digunakan untuk hiburan, tetapi juga dijadikan sebagai sarana menyuarakan aspirasi politik, membentuk opini publik, bahkan memengaruhi kebijakan publik. Berdasarkan ilustrasi, dampak strategis tersebut terhadap eksistensi NKRI yaitu ….
| No Soal | 13 |
|---|---|
| Kompetensi | Menjelaskan, menerapkan dan menganalisis perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban warga negara, menjaga keutuhan NKRI, peran Indonesia dalam perdamaian dunia, sistem pertahanan dan keamanan negar |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | C |
Gotong royong dilakukan oleh warga lintas suku dalam membersihkan lingkungan di wilayah perkotaan yang penduduknya berasal dari berbagai daerah. Kondisi masyarakat tersebut sesuai dengan penerapan dari Bhinneka Tunggal Ika.
| No Soal | 14 |
|---|---|
| Kompetensi | Menjelaskan, menganalisis menerapkan kebersamaan dan dan keberagaman dalam Bhinneka Tunggal Ika, implementasi prinsip gotong royong, kebinekaan sebagai modal sosial, dan potensi ancaman terhadap keber |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK Kategori |
| Kunci | Pernyataan: A. Benar B. Benar C. Salah |
Tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan di bawah ini terkait hal tersebut!
| # | Pernyataan | Benar | Salah |
| A. | Kegiatan gotong royong mencerminkan semangat persatuan dan keberagaman. |
|
|
| B. | Perilaku dalam ilustrasi aktualisasi nyata dari nilai Bhinneka Tunggal Ika. |
|
|
| C. | Kegiatan lintas suku tersebut mengontrol kepentingan masyarakat yang beragam. |
|
|
Pasca amandemen ketiga UUD NRI Tahun 1945 telah dibentuk Mahkamah Konstitusi (MK) sebagai salah satu lembaga yang melaksanakan kekuasaan kehakiman.
| No Soal | 15 |
|---|---|
| Kompetensi | Menjelaskan, menerapkan, dan menganalisis perilaku taat hukum, sejarah dan perkembangan undang undang dasar di Indonesia, kewenangan lembaga negara menurut UUD NRI Tahun 1945, hubungan pemerintah pusa |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK Kategori |
| Kunci | Pernyataan: A. Benar B. Salah C. Salah |
Tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut terkait contoh penerapan kewenangan Mahkamah Konstitusi!
| # | Pernyataan | Benar | Salah |
| A. | Menguji Undang-Undang terhadap UUD NRI Tahun 1945. |
|
|
| B. | Mengawasi aktivitas organisasi lembaga partai politik. |
|
|
| C. | Memutuskan sengketa kewenangan organisasi masyarakat. |
|
|
Pada setiap penyusunan peraturan perundang-undangan, DPR bersama pemerintah secara musyawarah melakukan pembahasan dengan berpedoman pada Pancasila sebagai landasan filosofis. Hal tersebut merupakan salah satu perwujudan Pancasila sebagai dasar negara.
| No Soal | 16 |
|---|---|
| Kompetensi | Menjelaskan, menerapkan dan menganalisis makna sila-sila Pancasila, sejarah perumusan Pancasila, dasar negara, ideologi, identitas nasional, pelaksanaan hak asasi manusia, demokrasi Pancasila, permasalahan dan solusi dalam penerapan nilai-nilai Pancasila |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | B |
Berdasarkan ilustrasi tersebut pentingnya Pancasila sebagai dasar negara, yaitu….
Pemerintah daerah di suatu kabupaten mengusulkan pembangunan rumah sakit baru di wilayah pegunungan. Usulan tersebut kemudian disetujui dan mendapatkan dukungan dana dari pemerintah pusat. Pembangunan berjalan lancar karena adanya hubungan dalam bentuk koordinasi dan komunikasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah.
| No Soal | 17 |
|---|---|
| Kompetensi | Menjelaskan, menerapkan, dan menganalisis perilaku taat hukum, sejarah dan perkembangan undang-undang dasar di Indonesia, kewenangan lembaga negara menurut UUD NRI Tahun 1945, hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, demokrasi, hak dan kewajiban warga negara |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | B |
Berdasarkan ilustrasi tersebut, manfaat dari hubungan tersebut, yakni … .
Di sebuah desa yang beragam suku, agama, dan budaya, para pemudanya bekerja sama membangun balai desa. Mereka berbagi tugas secara adil dan saling menghargai perbedaan. Namun, sebagian warga enggan terlibat karena perbedaan pandangan.
| No Soal | 18 |
|---|---|
| Kompetensi | Menjelaskan, menerapkan dan menganalisis kebersamaan dan keberagaman dalam Bhinneka Tunggal Ika, implementasi prinsip gotong royong, kebinekaan sebagai modal sosial, dan potensi ancaman terhadap keberagaman |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK MCMA |
| Kunci | A, C, E |
Berdasarkan ilustrasi tersebut, tentukan perilaku yang tepat untuk mendukung modal sosial dalam pembangunan nasional! Jawaban benar lebih dari satu.
Di sebuah wilayah perbatasan Indonesia, muncul konflik horizontal yang dipicu oleh perbedaan suku dan kesenjangan ekonomi yang berpotensi mengganggu stabilitas nasional dan menimbulkan kerawanan keamanan.
| No Soal | 19 |
|---|---|
| Kompetensi | Menjelaskan, menerapkan dan menganalisis perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban warga negara, menjaga keutuhan NKRI, peran Indonesia dalam perdamaian dunia, sistem pertahanan dan keamanan negara, praktik demokrasi, bentuk negara, bentuk pemerintahan, dan sistem pemerintahan |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK MCMA |
| Kunci | A, B, D |
Berdasarkan ilustrasi tersebut, tentukan pernyataan berikut ini yang benar terkait dengan peran warga negara dalam mendukung sistem pertahanan dan keamanan! Jawaban benar lebih dari satu.
Pasal 31 ayat (1) UUD NRI Tahun 1945 menjelaskan, bahwa “Setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan”.
| No Soal | 20 |
|---|---|
| Kompetensi | Menjelaskan, menerapkan, dan menganalisis perilaku taat hukum, sejarah dan perkembangan undang-undang dasar di Indonesia, kewenangan lembaga negara menurut UUD NRI Tahun 1945, hubungan pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, demokrasi, hak dan kewajiban warga negara |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK Kategori |
| Kunci | Pernyataan A. Benar B. Salah C. Benar |
Tentukan Benar atau Salah pada setiap pernyataan berikut terkait makna dari pasal tersebut!
| # | Pernyataan | Benar | Salah |
| A. | Pasal tersebut menunjukkan bahwa negara bertanggung jawab atas pendidikan warga negaranya. |
|
|
| B. | Negara menjamin setiap warga negara untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi. |
|
|
| C. | Pasal tersebut menjadi dasar hukum bahwa pendidikan merupakan hak setiap warga tanpa diskriminasi. |
|
|