Definisi

Sebagaimana TKA Matematika wajib, TKA Matematika Tingkat Lanjut juga mengukur kemampuan murid dalam memahami fakta, konsep, prinsip, dan prosedur matematika, serta kemampuan mereka dalam menerapkan  pengetahuan  matematika  untuk  menyelesaikan masalah (problem solving).

Muatan

Muatan TKA Matematika Tingkat Lanjut merujuk pada elemen atau materi kurikulum yang ada pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Elemen ini meliputi:

  • aljabar,
  • geometri dan pengukuran,
  • kalkulus.

Adapun penggunaan logika matematika diintegrasikan langsung dengan elemen matematika yang tertera dalam kurikulum.

Penguasaan materi matematika tersebut diukur melalui berbagai permasalahan dalam konteks matematika maupun permasalahan dalam konteks keseharian yang dapat meliputi kejadian atau situasi  di lingkup personal, keluarga, atau lingkungan sekitar baik lokal maupun global.

Kompetensi

 

Level

 

Level Kognitif

 

Proses Berpikir

 

Deskripsi Proses Berpikir

1

Pengetahuan dan Pemahaman (Knowing and Understanding)

Menghitung

Melakukan perhitungan berdasarkan prosedur yang mencakup operasi hitung aritmatika (+, -, ×, ÷, atau kombinasinya), operasi aljabar, atau operasi matematika lainnya.

 

Memahami informasi

 

Memahami informasi dari grafik fungsi, tabel, diagram, infografis, atau bentuk visual lainnya.

 

Mengelompokkan

 

Mengelompokkan objek berdasarkan  fakta,  konsep, dan prinsip matematika dalam cakupan sub-elemen.

Mengidentifikasi

Melakukan identifikasi terhadap   objek menggunakan konsep, fakta, dan prinsip matematika dalam cakupan sub-elemen.

 

 

 

Mengidentifikasi

Melakukan identifikasi terhadap   objek menggunakan konsep, fakta, dan prinsip matematika dalam cakupan sub-elemen.

2

Aplikasi

(Applying)

Memodelkan

Memodelkan permasalahan kontekstual terkait cakupan sub-elemen ke dalam pernyataan matematika.

 

Menerapkan

Menerapkan strategi dan operasi matematika (berupa operasi hitung, operasi aljabar, atau bentuk operasi lainnya)  untuk menyelesaikan permasalahan yang melibatkan konsep dan prosedur matematis yang familier dan rutin.

 

Menginterpretasi

Memahami dan menjelaskan makna dari berbagai situasi, kejadian, pernyataan, representasi, atau masalah matematika.

3

Penalaran

(Reasoning)

Menganalisis

Menentukan, menjelaskan, dan menggunakan hubungan beberapa konsep, fakta, prinsip, atau prosedur matematika dalam cakupan sub-elemen.

Memecahkan masalah

Mengaitkan  beberapa konsep, fakta, prinsip, prosedur, dan representasi matematika dalam cakupan sub-elemen, untuk menyelesaikan permasalahan dalam situasi baru atau konteks yang tidak rutin.

Mengevaluasi

Mengevaluasi alternative strategi dan solusi dari suatu pemecahan masalah.

Matriks Asesmen

 

No.

Elemen/ Materi

Sub-elemen/ Submateri

 

Kompetensi

Batasan/ Catatan

1.

Aljabar

Matriks

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:

  • Determinan matriks;
  • Invers matriks;
  • Operasi matriks.Program linear.

Elemen matriks merupakan bilangan real. Determinan dan invers matriks berukuran 2 x 2 atau 3 x 3.

Polinomial

 

Memahami, mengaplikasikan, dan bernala yan lebih tingguntuk menyelesaikan permasalahan  terkait cakupan   sub-elemen berikut:

  • Operasi polinomial;
  • Pemfaktoran polinomial;
  • Suku sisa.

 

Orde dari polinomial maksimum 4 dan semua koefisien polinomial berupa bilangan real.

Fungsi

 

Memahami, mengaplikasikan, dan bernala yan lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan  terkait cakupan   sub-elemen berikut: Domain, kodomain, daerah hasil (range), dan grafik fungsi polinom, rasional, akar, eksponensial, logaritma, mutlak, trigonometri.

 

Fungsi polinom maksimum berorde 4. Bilangan pokok fungsi eksponensial berupa bilangan asli.

2.

Geometri dan Pengukuran

Vektor

Memahami, mengaplikasikan, dan bernala yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan  terkait cakupan   sub-elemen berikut:

  • Vektor pada bidang dan ruang;
  • Panjang vektor;
  • Operasi vektor.

Komponen vektor maksimum tiga.

Lingkaran

Memahami, mengaplikasikan, dan bernala yan lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan  terkait cakupan   sub-elemen berikut:

  • Persamaan
  • lingkaran dan persamaan garis singgung lingkaran;
  • Luas  dan  keliling daerah lingkaran atau bagian daerah lingkaran.

 

Transformasi

Geometri

 

Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan  terkait cakupan sub-elemen berikut:

Transformasi geometri (translasi, refleksi, rotasi, dilatasi, serta komposisinya) dari bentuk geometris dan matriks transformasinya.

 

Bentuk geometris  yang ditransformasi meliputi    titik, garis,          dan bangun datar.

3.

Trigonometri

Limit

Memahami, mengaplikasikan, dan bernala yan lebih tinggi  untuk menyelesaikan permasalahan  terkait cakupan   sub-elemen berikut:

  • Limit fungsi aljabar;
  • Limit fungsi
  • trigonometri.

Limit yang dapat diselesaikan tanpa menggunakan Teorema LHopital

 

No Soal 1
Kompetensi Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait determinan matriks
Sub Kompetensi
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci B

 

No Soal 2
Kompetensi Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait invers matriks
Sub Kompetensi
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci C

 

No Soal 3
Kompetensi Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait operasi matriks
Sub Kompetensi
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci E

 

No Soal 4
Kompetensi Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait domain, kodomain, daerah hasil (range), dan grafik fungsi polinom, rasional, akar, eksponensial, logaritma, mutlak, trigonometri
Sub Kompetensi
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci D

Diketahui fungsi trigonometri f(x) = –3 sin (2x – 30O) + 4. Periode fungsi f(x) adalah ....

 

No Soal 5
Kompetensi Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait domain, kodomain, daerah hasil (range), dan grafik fungsi polinom, rasional, akar, eksponensial, logaritma, mutlak, trigonometri.
Sub Kompetensi
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci E

Di bawah ini yang merupakan grafik fungsi  adalah ....

 

No Soal 6
Kompetensi Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait operasi vektor.
Sub Kompetensi
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci D

Suatu perahu akan menyeberangi sungai selebar 50 meter dari titik A di pinggir sungai. Kecepatan arus sungai 10 meter/menit sejajar dengan pinggiran sungai dengan arah ke hulu dan kecepatan perahu 20 meter/menit dengan arah tegak lurus dengan arah arus sungai. Jika B  berada di seberang sungai dan berjarak terdekat dengan posisi A, jarak titik perahu pada saat sampai di seberang sungai dan titik B adalah … meter.

 

No Soal 7
Kompetensi Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait persamaan lingkaran dan persamaan garis singgung lingkaran.
Sub Kompetensi
Bentuk Soal PGK MCMA
Kunci B, E

Diketahui persamaan lingkaran . Di antara lima pernyataan berikut, tentukan pernyataan yang benar! Jawaban benar lebih dari satu.

 

No Soal 8
Kompetensi Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait transformasi geometri (translasi, refleksi, rotasi, dilatasi, serta komposisinya) dari bentuk geometris dan matriks transformasinya
Sub Kompetensi
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci C

Bayangan dari kurva y = 2x2 – 5 yang ditranslasikan oleh matriks  kemudian didilatasikan oleh (O, 2) dengan O merupakan titik koordinat (0,0) adalah .…

 

No Soal 9
Kompetensi Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait limit fungsi aljabar
Sub Kompetensi
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci A

 

No Soal 10
Kompetensi Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait limit fungsi aljabar
Sub Kompetensi
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci D

 

No Soal 11
Kompetensi Aljabar (Materi)
Matriks (Submateri)
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait invers matriks
Sub Kompetensi
Bentuk Soal PGK MCMA
Kunci Pernyataan 1, Pernyataan 3, dan Pernyataan 5

Pilih semua jawaban benar! Jawaban benar lebih dari satu.

 

No Soal 12
Kompetensi Aljabar (Materi)
Fungsi (Submateri)
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait domain, kodomain, daerah hasil (range), dan grafik fungsi polin
Sub Kompetensi
Bentuk Soal PGK Kategori
Kunci Pernyataan:
A. Benar
B. Benar
C. Benar

Seorang murid memperkirakan banyaknya penonton suatu video dalam ribuan yang dibuat oleh content creator A di media sosial mengikuti model  dengan t adalah banyaknya hari sejak video diunggah.

Tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!

#PernyataanBenar Salah
A.

Video  tersebut hanya ditonton oleh 3.000 penonton setelah tepat 24 jam diunggah.

B.

Banyaknya penonton video meningkat dua kali lipat dari hari sebelumnya untuk beberapa hari setelah diunggah.

C.

Model banyaknya penonton ini tidak tepat untuk waktu yang cukup besar.

 

No Soal 13
Kompetensi Geometri dan Pengukuran (Materi )
Submateri (Vektor)
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait operasi vektor
Sub Kompetensi
Bentuk Soal PGK MCMA
Kunci Pernyataan 1, Pernyataan 2, dan Pernyataan 4

Diketahui 𝒖,𝒗 dan 𝒘 merupakan tiga vektor dengan 𝒖 = (1,1,−1),𝒗 = (1, 𝑣1, 2) dan 𝒘 = (0,𝑤1,𝑤2). Berapakah nilai 𝑣1 dan 𝑤1 yang mungkin sehingga memenuhi 𝒘 = 𝒖−𝒗?

Pilih semua jawaban benar! Jawaban benar lebih dari satu.

 

No Soal 14
Kompetensi Geometri dan Pengukuran (Materi)
Transformasi Geometri (Submateri)
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait transformasi geometri (translas
Sub Kompetensi
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci C

 Segitiga PQR dengan titik P (-1,3), Q (3,3), dan R(1,-2) didilatasi dengan pusat titik (0,0) dan faktor skala 3. Luas segitiga tersebut setelah dilakukan dilatasi adalah … satuan luas.

 

No Soal 15
Kompetensi Kalkulus (Materi)
Limit (Submateri)
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait limit fungsi aljabar
Sub Kompetensi
Bentuk Soal PGK Kategori
Kunci Pernyataan:
A. Benar
B. Salah
C. Benar


Tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!

#Pernyataan BenarSalah
A.

B.

C.

 

No Soal 16
Kompetensi Kalkulus (Materi )
Limit (Submateri
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait limit fungsi trigonometri
Sub Kompetensi
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci A

 

 

No Soal 17
Kompetensi Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait invers matriks
Sub Kompetensi
Bentuk Soal PGK MCMA
Kunci D dan E

 

No Soal 18
Kompetensi Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait pemfaktoran polinomial dan suku sisa
Sub Kompetensi
Bentuk Soal PGK MCMA
Kunci A, C, dan D


Berdasarkan informasi tersebut, pilihlah semua pernyataan berikut yang benar. Jawaban benar lebih dari satu!

 

No Soal 19
Kompetensi Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait operasi vektor
Sub Kompetensi
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci A

 

No Soal 20
Kompetensi Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait persamaan lingkaran dan persamaan garis singgung lingkaran
Sub Kompetensi
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci D