Definisi
Muatan
Muatan TKA Matematika Tingkat Lanjut merujuk pada elemen atau materi kurikulum yang ada pada Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Elemen ini meliputi:
- aljabar,
- geometri dan pengukuran,
- kalkulus.
Adapun
penggunaan logika matematika
diintegrasikan langsung dengan elemen
matematika yang tertera dalam kurikulum.
Penguasaan materi
matematika tersebut diukur melalui berbagai permasalahan dalam konteks
matematika maupun permasalahan dalam konteks keseharian yang dapat meliputi
kejadian atau situasi di lingkup
personal, keluarga, atau lingkungan sekitar baik lokal maupun global.
Kompetensi
|
Level |
Level Kognitif |
Proses Berpikir |
Deskripsi Proses Berpikir |
|
1 |
Pengetahuan dan Pemahaman (Knowing and Understanding) |
Menghitung |
Melakukan perhitungan berdasarkan prosedur yang mencakup operasi hitung aritmatika (+, -, ×, ÷, atau kombinasinya), operasi aljabar, atau operasi matematika lainnya. |
|
Memahami informasi |
Memahami informasi dari grafik fungsi, tabel, diagram, infografis, atau bentuk visual lainnya. |
||
|
Mengelompokkan |
Mengelompokkan objek berdasarkan fakta, konsep, dan prinsip matematika dalam cakupan sub-elemen. |
||
|
Mengidentifikasi |
Melakukan identifikasi terhadap objek menggunakan konsep, fakta, dan prinsip matematika dalam cakupan sub-elemen. |
||
|
|
|
Mengidentifikasi |
Melakukan identifikasi terhadap objek menggunakan konsep, fakta, dan prinsip matematika dalam cakupan sub-elemen. |
|
2 |
Aplikasi (Applying) |
Memodelkan |
Memodelkan permasalahan kontekstual terkait cakupan sub-elemen ke dalam pernyataan matematika. |
|
Menerapkan |
Menerapkan strategi dan operasi matematika (berupa operasi hitung, operasi aljabar, atau bentuk operasi lainnya) untuk menyelesaikan permasalahan yang melibatkan konsep dan prosedur matematis yang familier dan rutin. |
||
|
Menginterpretasi |
Memahami dan menjelaskan makna dari berbagai situasi, kejadian, pernyataan, representasi, atau masalah matematika. |
||
|
3 |
Penalaran (Reasoning) |
Menganalisis |
Menentukan, menjelaskan, dan menggunakan hubungan beberapa konsep, fakta, prinsip, atau prosedur matematika dalam cakupan sub-elemen. |
|
Memecahkan masalah |
Mengaitkan beberapa konsep, fakta, prinsip, prosedur, dan representasi matematika dalam cakupan sub-elemen, untuk menyelesaikan permasalahan dalam situasi baru atau konteks yang tidak rutin. |
||
|
Mengevaluasi |
Mengevaluasi alternative strategi dan solusi dari suatu pemecahan masalah. |
Matriks Asesmen
|
No. |
Elemen/ Materi |
Sub-elemen/ Submateri |
Kompetensi |
Batasan/ Catatan |
|
1. |
Aljabar |
Matriks |
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
|
Elemen matriks merupakan bilangan real. Determinan dan invers matriks berukuran 2 x 2 atau 3 x 3. |
|
Polinomial |
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
|
Orde dari polinomial maksimum 4 dan semua koefisien polinomial berupa bilangan real. |
||
|
Fungsi |
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut: Domain, kodomain, daerah hasil (range), dan grafik fungsi polinom, rasional, akar, eksponensial, logaritma, mutlak, trigonometri. |
Fungsi polinom maksimum berorde 4. Bilangan pokok fungsi eksponensial berupa bilangan asli. |
||
|
2. |
Geometri dan Pengukuran |
Vektor |
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
|
Komponen vektor maksimum tiga. |
|
Lingkaran |
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
|
|
||
|
Transformasi Geometri |
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut: Transformasi geometri (translasi, refleksi, rotasi, dilatasi, serta komposisinya) dari bentuk geometris dan matriks transformasinya. |
Bentuk geometris yang ditransformasi meliputi titik, garis, dan bangun datar. |
||
|
3. |
Trigonometri |
Limit |
Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait cakupan sub-elemen berikut:
|
Limit yang dapat diselesaikan tanpa menggunakan Teorema L’Hopital |
| No Soal | 1 |
|---|---|
| Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait determinan matriks |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | B |
![]()
| No Soal | 2 |
|---|---|
| Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait invers matriks |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | C |

| No Soal | 3 |
|---|---|
| Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait operasi matriks |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | E |

| No Soal | 4 |
|---|---|
| Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait domain, kodomain, daerah hasil (range), dan grafik fungsi polinom, rasional, akar, eksponensial, logaritma, mutlak, trigonometri |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | D |
Diketahui fungsi trigonometri f(x) = –3 sin (2x – 30O) + 4. Periode fungsi f(x) adalah ....
| No Soal | 5 |
|---|---|
| Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait domain, kodomain, daerah hasil (range), dan grafik fungsi polinom, rasional, akar, eksponensial, logaritma, mutlak, trigonometri. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | E |
Di bawah ini yang merupakan grafik fungsi
adalah ....
| No Soal | 6 |
|---|---|
| Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait operasi vektor. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | D |
Suatu perahu akan menyeberangi sungai selebar 50 meter dari titik A di pinggir sungai. Kecepatan arus sungai 10 meter/menit sejajar dengan pinggiran sungai dengan arah ke hulu dan kecepatan perahu 20 meter/menit dengan arah tegak lurus dengan arah arus sungai. Jika B berada di seberang sungai dan berjarak terdekat dengan posisi A, jarak titik perahu pada saat sampai di seberang sungai dan titik B adalah … meter.
| No Soal | 7 |
|---|---|
| Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait persamaan lingkaran dan persamaan garis singgung lingkaran. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK MCMA |
| Kunci | B, E |
Diketahui persamaan lingkaran
. Di antara lima pernyataan berikut, tentukan pernyataan yang benar! Jawaban benar lebih dari satu.
| No Soal | 8 |
|---|---|
| Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait transformasi geometri (translasi, refleksi, rotasi, dilatasi, serta komposisinya) dari bentuk geometris dan matriks transformasinya |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | C |
Bayangan dari kurva y = 2x2 – 5 yang ditranslasikan oleh matriks
kemudian didilatasikan oleh (O, 2) dengan O merupakan titik koordinat (0,0) adalah .…
| No Soal | 9 |
|---|---|
| Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait limit fungsi aljabar |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | A |

| No Soal | 10 |
|---|---|
| Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait limit fungsi aljabar |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | D |

| No Soal | 11 |
|---|---|
| Kompetensi | Aljabar (Materi) Matriks (Submateri) Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait invers matriks |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK MCMA |
| Kunci | Pernyataan 1, Pernyataan 3, dan Pernyataan 5 |

Pilih semua jawaban benar! Jawaban benar lebih dari satu.
| No Soal | 12 |
|---|---|
| Kompetensi | Aljabar (Materi) Fungsi (Submateri) Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait domain, kodomain, daerah hasil (range), dan grafik fungsi polin |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK Kategori |
| Kunci | Pernyataan: A. Benar B. Benar C. Benar |
Seorang murid memperkirakan banyaknya penonton suatu video dalam ribuan yang dibuat oleh content creator A di media sosial mengikuti model
dengan t adalah banyaknya hari sejak video diunggah.
Tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!
| # | Pernyataan | Benar | Salah |
| A. | Video tersebut hanya ditonton oleh 3.000 penonton setelah tepat 24 jam diunggah. |
|
|
| B. | Banyaknya penonton video meningkat dua kali lipat dari hari sebelumnya untuk beberapa hari setelah diunggah. |
|
|
| C. | Model banyaknya penonton ini tidak tepat untuk waktu yang cukup besar. |
|
|
| No Soal | 13 |
|---|---|
| Kompetensi | Geometri dan Pengukuran (Materi ) Submateri (Vektor) Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait operasi vektor |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK MCMA |
| Kunci | Pernyataan 1, Pernyataan 2, dan Pernyataan 4 |
Diketahui 𝒖,𝒗 dan 𝒘 merupakan tiga vektor dengan 𝒖 = (1,1,−1),𝒗 = (1, 𝑣1, 2) dan 𝒘 = (0,𝑤1,𝑤2). Berapakah nilai 𝑣1 dan 𝑤1 yang mungkin sehingga memenuhi 𝒘 = 𝒖−𝒗?
Pilih semua jawaban benar! Jawaban benar lebih dari satu.
| No Soal | 14 |
|---|---|
| Kompetensi | Geometri dan Pengukuran (Materi) Transformasi Geometri (Submateri) Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait transformasi geometri (translas |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | C |
Segitiga PQR dengan titik P (-1,3), Q (3,3), dan R(1,-2) didilatasi dengan pusat titik (0,0) dan faktor skala 3. Luas segitiga tersebut setelah dilakukan dilatasi adalah … satuan luas.
| No Soal | 15 |
|---|---|
| Kompetensi | Kalkulus (Materi) Limit (Submateri) Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait limit fungsi aljabar |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK Kategori |
| Kunci | Pernyataan: A. Benar B. Salah C. Benar |

Tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!
| # | Pernyataan | Benar | Salah |
| A. |
|
|
|
| B. |
|
|
|
| C. |
|
|
|
| No Soal | 16 |
|---|---|
| Kompetensi | Kalkulus (Materi ) Limit (Submateri Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait limit fungsi trigonometri |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | A |

| No Soal | 17 |
|---|---|
| Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait invers matriks |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK MCMA |
| Kunci | D dan E |

| No Soal | 18 |
|---|---|
| Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait pemfaktoran polinomial dan suku sisa |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK MCMA |
| Kunci | A, C, dan D |

Berdasarkan informasi tersebut, pilihlah semua pernyataan berikut yang benar. Jawaban benar lebih dari satu!
| No Soal | 19 |
|---|---|
| Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait operasi vektor |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | A |

| No Soal | 20 |
|---|---|
| Kompetensi | Memahami, mengaplikasikan, dan bernalar yang lebih tinggi untuk menyelesaikan permasalahan terkait persamaan lingkaran dan persamaan garis singgung lingkaran |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | D |
