Definisi
Muatan
Konsep-konsep biologi yang akan diukur mencakup keanekaragaman hayati, sel, dan proses-proses pada makhluk hidup.
● Keanekaragaman hayati
○ klasifikasi dan keanekaragaman makhluk hidup
○ bakteri
○ ekosistem
● Sel: metabolisme
● Proses-proses pada makhluk hidup
○ transport dan pertukaran zat pada manusia (sistem sirkulasi, respirasi, ekskresi)
○ sistem imun
○ sistem koordinasi
○ sistem reproduksi
● Keterampilan proses
○ mempertanyakan dan memprediksi,
○ merencanakan dan melakukan penyelidikan,
○ memproses, menganalisis data dan informasi
Pemahaman tentang konsep biologi disajikan dalam konteks kehidupan sehari-hari murid, seperti topik kesehatan, lingkungan, pertanian, maupun sosiokultural. Pendekatan ini membantu murid menghubungkan konsep biologi dengan pengalaman nyata mereka, memudahkan pemahaman terhadap peran biologi dalam kemajuan ilmu dan teknologi, serta meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah.
Kompetensi
Kemampuan yang diukur TKA Biologi diukur pada tiga level kognitif, yaitu:
- Pemahaman: menjelaskan konsep-konsep biologi berdasarkan informasi yang telah dipelajari atau disediakan,
- Penerapan: menerapkan konsep dan pengetahuan biologi untuk memecahkan masalah biologi, dan
- Penalaran: menganalisis, mengevaluasi, dan menarik kesimpulan dari informasi biologis yang kompleks atau baru, serta mengembangkan argumen berbasis bukti.
Matriks Asesmen
Muatan dan kompetensi yang diukur TKA Biologi terangkum dalam tabel berikut:
|
No. |
Elemen/ Materi |
Sub-elemen/ Submateri |
Kompetensi |
Batasan/ Catatan |
|
1. |
Keanekaragaman Hayati |
Klasifikasi dan keanekaragaman makhluk hidup |
Menganalisis prinsip klasifikasi dan permasalahan keanekaragaman hayati. |
Keanekaragaman hayati yang dimaksud adalah keanekaragaman hayati di Indonesia. |
|
Bakteri
|
Menganalisis struktur bakteri dan peranannya terhadap manusia. |
Struktur bakteri, resistensi bakteri, dan peranannya terhadap manusia |
||
|
Ekosistem
|
Menganalisis komponen- komponen ekosistem, interaksi antarkomponen, dan solusi atas permasalahannya |
Ekosistem yang ada di Indonesia. |
||
|
2. |
Sel |
Metabolisme sel |
Menganalisis proses metabolisme dan peran enzim. |
Katabolisme; anabolisme; sifat dan cara kerja enzim. |
|
3. |
Proses-proses pada Makhluk Hidup |
Transport dan pertukaran zat pada manusia: ● Sistem sirkulasi ● Sistem respirasi ● Sistem ekskresi |
|
Keterkaitan antarsistem. |
|
Sistem imun |
Menganalisis peran sistem imun terhadap kekebalan tubuh. |
Mekanisme kerja sistem imun. |
||
|
Sistem koordinasi |
Menganalisis sistem koordinasi dalam tubuh manusia |
Mekanisme kerja sistem saraf dan sistem hormon. |
||
|
|
Menganalisis keterkaitan struktur organ pada sistem reproduksi dan fungsinya. |
Struktur dan fungsi organ reproduksi. |
Muatan dan kompetensi terkait keterampilan proses biologi terangkum dalam tabel berikut:
|
No. |
Elemen/ Materi |
Sub-elemen/ Submateri |
Kompetensi |
Batasan/ Catatan |
|
1. |
Keterampilan Proses |
Mempertanyakan dan memprediksi |
Merumuskan pertanyaan yang dapat diselidiki secara ilmiah |
Konteks soal sesuai dengan konten pengetahuan pada elemen keanekaragaman hayati, sel, dan proses-proses pada makhluk hidup. |
|
Merencanakan dan melakukan penyelidikan |
Merancang penyelidikan ilmiah |
Konteks soal sesuai dengan konten pengetahuan pada elemen keanekaragaman hayati, sel, dan proses-proses pada makhluk hidup. |
||
|
Memproses, menganalisis Data dan informasi |
Mengolah data dan menyimpulkan hasil penyelidikan |
Konteks soal sesuai dengan konten pengetahuan pada elemen keanekaragaman hayati, sel, dan proses-proses pada makhluk hidup |
| No Soal | 1 |
|---|---|
| Kompetensi | Mengolah data dan menyimpulkan hasil penyelidikan. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK Kategori |
| Kunci | Pernyataan. A. Tidak Tepat B. Tepat C. Tidak Tepat |
Malaria merupakan salah satu penyakit yang pernah menyerang jutaan penduduk di berbagai belahan dunia. Untuk mengatasi penyakit malaria, dilakukan beberapa tindakan yang terbukti berhasil, yaitu memberikan obat kina dan pembasmian nyamuk dengan menyemprotkan DDT. Tabel berikut merupakan hasil penelitian tentang efektivitas pemberian obat kina dan penyemprotan DDT dalam menurunkan angka penderita malaria di dua wilayah berbeda.
|
Metode |
Wilayah A (tanpa resistensi) |
Wilayah B (dengan resistensi nyamuk) |
|
Pemberian Kina 3 hari |
50% sembuh |
48% sembuh |
|
Pemberian Kina 5 hari |
76% sembuh |
72% sembuh |
|
Pemberian Kina 7 hari |
87% sembuh |
82% sembuh |
|
Penyemprotan DDT |
90% menurunkan infeksi |
60% menurunkan infeksi |
Berdasarkan data tersebut, strategi apa yang paling tepat untuk menurunkan jumlah penderita malaria di kedua wilayah? Tentukanlah apakah pernyataan-pernyataan berikut Tepat atau Tidak Tepat sesuai dengan hasil analisis data tersebut!
| # | Pernyataan | Tepat | Tidak Tepat |
| A. | Mengandalkan DDT di kedua wilayah, karena efektivitasnya paling tinggi dibandingkan obat kina. |
|
|
| B. | Menggunakan DDT di wilayah A untuk hasil cepat, dan memperpanjang pemberian kina di wilayah B karena efektivitas DDT menurun akibat resistensi. |
|
|
| C. | Mengutamakan kina 3 hari di wilayah A maupun B, karena tingkat kesembuhannya cukup tinggi dan tidak memerlukan waktu lama. |
|
|
| No Soal | 2 |
|---|---|
| Kompetensi | Menganalisis prinsip klasifikasi dan permasalahan keanekaragaman hayati. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | D |
Paus (Balaenoptera musculus) dan ikan hiu (Carcharodon carcharias) sama-sama hidup di laut, memiliki sirip dan ekor, serta bentuk tubuh yang lancip di ujung depan dan ujung belakang sehingga efisien untuk berenang. Namun, paus bernapas dengan paru-paru dan menyusui anaknya, sedangkan ikan hiu bernapas dengan insang dan sebagian besar bertelur. Meskipun memiliki bentuk luar yang mirip, dalam sistem klasifikasi keduanya ditempatkan pada kelompok yang berbeda.
Apa prinsip utama yang digunakan dalam pengelompokan tersebut?
| No Soal | 3 |
|---|---|
| Kompetensi | Menganalisis keterkaitan struktur organ pada sistem reproduksi wanita dan fungsinya. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK MCMA |
| Kunci | A, C, E |
Seorang wanita datang ke dokter spesialis kandungan berniat memasang IUD (Intra Uterine Device). Pemasangan IUD merupakan cara kontrasepsi jangka panjang. IUD berupa alat kecil terdiri dari bahan plastik yang lentur yang dimasukkan ke dalam rongga rahim, yang harus diganti jika sudah digunakan selama periode tertentu.
Tujuan penggunaan IUD ini adalah ....
Pilih semua jawaban benar! Jawaban benar lebih dari satu.
| No Soal | 4 |
|---|---|
| Kompetensi | Merancang penyelidikan ilmiah. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | A |
Masalah gizi di Indonesia saat ini masih sangat kompleks, tidak hanya masalah kekurangan gizi, masalah kelebihan gizi juga menjadi persoalan yang harus ditangani secara serius. Pada anak-anak kondisi stunting (pendek) sering ditemukan disebabkan karena asupan gizi yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizinya dalam waktu yang lama. Hal itu terjadi sejak di dalam kandungan dan akan terlihat pada anak berusia 2 tahun, mengakibatkan perkembangan fisik maupun kognitif tidak maksimal, mudah terserang penyakit, serta berdaya saing rendah.
Langkah pertama untuk memecahkan permasalahan tersebut menggunakan metode ilmiah yang tepat adalah ....
| No Soal | 5 |
|---|---|
| Kompetensi | Menganalisis keterkaitan struktur organ pada sistem respirasi dan fungsinya. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | A |
Kecepatan pernapasan orang yang sedang berolahraga lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang sedang duduk. Perbedaan kecepatan pernapasan ini disebabkan oleh ....
| No Soal | 6 |
|---|---|
| Kompetensi | Menganalisis Sistem Koordinasi dalam Tubuh Manusia |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | A |
Kelenjar tiroid menghasilkan tiroksin yang berperan ....
| No Soal | 7 |
|---|---|
| Kompetensi | Menganalisis keterkaitan struktur organ pada sistem reproduksi dan fungsinya. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | D |
Coba perhatikan gambar alat reproduksi laki-laki berikut!

Pak Tono mengalami nyeri hebat di bagian alat reproduksinya. Setelah diperiksa oleh dokter, diketahui bahwa terjadi penyumbatan pada bagian X seperti yang ditunjukkan pada gambar. Berdasarkan kondisi tersebut, apa kemungkinan yang akan terjadi pada pembentukan atau penyaluran sperma Pak Tono?
| No Soal | 8 |
|---|---|
| Kompetensi | Menganalisis proses metabolisme dan peran enzim |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | A |
Pada sebuah sel hewan, terdapat beberapa organel yang memiliki fungsi penting dalam mendukung kehidupan sel tersebut. Jika sebuah sel kekurangan mitokondria, maka manakah yang paling mungkin terjadi pada sel tersebut?
| No Soal | 9 |
|---|---|
| Kompetensi | Menganalisis keterkaitan struktur organ pada sistem sirkulasi dan fungsinya. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK MCMA |
| Kunci | B |
Sudah 2 minggu Amir merasakan gangguan pada kesehatannya dengan gejala pucat, lesu, demam dan sering terjadi pendarahan pada hidungnya. Setelah diperiksa, dokter meminta Amir untuk melakukan uji darah di laboratorium dan diperoleh hasil seperti pada tabel berikut:
|
Pemeriksaan |
Hasil |
Nilai Rujukan |
Satuan |
|
|
Hematologi Rutin |
||||
|
Trombosit |
279 |
150 – 440 |
ribu sel/µL |
|
|
Hematokrit |
32,6 |
35 – 47 |
% |
|
|
Hemoglobin |
12,4 |
11,7 – 15,5 |
g/dL |
|
|
Eritrosit |
4,18 |
3,8 – 5,2 |
juta sel/µL |
|
|
Leukosit |
14,92 |
3,6 – 11,0 |
ribu sel/µL |
|
|
Jenis Leukosit |
||||
|
Neutrofil |
76,5 |
50 – 70 |
% |
|
|
Limfosit |
6 |
24 – 40 |
% |
|
|
Monosit |
6,4 |
2 – 8 |
% |
|
|
Esinofil |
0,9 |
2 - 4 |
% |
|
Manakah pernyataan yang tepat terkait hasil uji laboratorium klinis darah Amir tersebut?
| No Soal | 10 |
|---|---|
| Kompetensi | Menganalisis peran sistem imun terhadap kekebalan tubuh. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK MCMA |
| Kunci | A, C |
Sindrom Stevens-Johnson (SSJ) merupakan penyakit kulit dan mukosa yang berbahaya dan dapat mengakibatkan kematian. Sel-sel kulit bagian epidermis mengelupas dan memisahkan diri dari dermis, dengan gejala bercak kemerahan, perdarahan di bawah kulit, melepuh seperti luka bakar, sampai terkelupas. SSJ bukan merupakan penyakit menular, tetapi dipicu antara lain oleh hipersensitivitas terhadap obat tertentu.
Bagaimana mekanisme pertahanan tubuh pada penderita sindrom tersebut?
Pilih semua jawaban benar! Jawaban benar lebih dari satu.
| No Soal | 11 |
|---|---|
| Kompetensi | Menganalisis komponen-komponen ekosistem, interaksi antarkomponen, dan solusi atas permasalahannya. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | D |
Dalam sebuah ekosistem laut, terdapat beberapa organisme berikut:

Jika populasi ikan kecil menurun drastis, maka manakah dampak yang paling mungkin terjadi dalam jaring-jaring makanan pada ekosistem laut tersebut?
| No Soal | 12 |
|---|---|
| Kompetensi | Menganalisis proses metabolisme dan peran enzim. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK MCMA |
| Kunci | Pernyataan 1, Pernyataan 2, Pernyataan 3, dan Pernyataan 5 |
Dalam sebuah penelitian mengenai penyakit pada sel, para ilmuwan menemukan bahwa pada beberapa sel tubuh pasien, retikulum endoplasma kasar (RE kasar) dan retikulum endoplasma halus (RE halus) mengalami kerusakan parah. Hal ini menghambat beberapa fungsi penting dalam sel tersebut.
Berdasarkan peranan RE kasar dan RE halus, apa kemungkinan yang dapat terjadi pada sel-sel pasien tersebut?
Pilih semua jawaban yang benar! Jawaban benar lebih dari satu.
| No Soal | 13 |
|---|---|
| Kompetensi | Menganalisis peran sistem imun terhadap kekebalan tubuh. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK MCMA |
| Kunci | Pernyataan 1, Pernyataan 3, dan Pernyataan 5 |
Berikut adalah grafik data banyaknya kasus penderita Covid-19 sejak Maret 2020 hingga Mei 2025. Selama pandemi dilaksanakan pemberian vaksin kepada masyarakat. Vaksin primer diberikan mulai tanggal 13 Januari 2021 dan Vaksin booster 1 diberikan mulai Januari 2022. Terjadi tren penurunan kasus Covid 19 setelah dilaksanakannya vaksinasi. Data ini menunjukkan pentingnya vaksinasi dalam menurunkan resiko terinfeksi virus korona.

Berdasarkan data dan pengetahuanmu tentang sistem imun, manakah pernyataan berikut yang logis dan didukung data tersebut?
Pilih semua jawaban yang benar! Jawaban benar lebih dari satu.
| No Soal | 14 |
|---|---|
| Kompetensi | Menganalisis keterkaitan struktur organ pada sistem reproduksi dan fungsinya. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK Kategori |
| Kunci | Benar, Benar, Salah |
Seorang perempuan mengalami gangguan kehamilan yang cukup serius. Setelah dilakukan pemeriksaan, dokter menyatakan bahwa zigot tidak berkembang di dalam rahim, melainkan di luar rongga rahim. Kondisi ini dikenal dengan kehamilan ektopik (hamil di luar kandungan).
Dari kasus tersebut, tentukan Benar atau Salah untuk setiap peryataan berikut mengenai penjelasan paling logis yang dapat mendukung diagnosis dokter terkait penyebab kehamilan ektopik tersebut!
| # | Pernyataan | Benar | Salah |
| A. | Pembuahan tetap terjadi di tuba falopi, namun gangguan pada silia tuba menyebabkan zigot gagal mencapai rahim. |
|
|
| B. | Zigot yang tertanam di tuba falopi menunjukkan adanya masalah pada mekanisme transportasi embrio menuju rahim. |
|
|
| C. | Sel telur dan sel sperma bertemu di vagina sehingga zigot tidak dapat menuju rahim dan berkembang di vagina. |
|
|
| No Soal | 15 |
|---|---|
| Kompetensi | Merencanakan Melakukan dan Penyelidikan. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK Kategori |
| Kunci | Tidak Tepat Dilakukan, Tidak Tepat Dilakukan, Tepat Dilakukan |
Seorang petani jagung membeli benih jagung sebanyak 1 kg di toko pertanian. Harga benih jagung tersebut ternyata beberapa kali lipat lebih mahal dari harga jagung di pasaran. Karena alasan mahalnya benih jagung di toko pertanian, pada saat panen petani tersebut memilih jagung yang kualitasnya bagus untuk dijadikan benih. Tetangganya yang sudah pernah menanam jagung dari benih hasil panen sendiri memberikan nasehat agar tidak melakukan hal itu karena hasil panennya tidak akan bagus. Penasaran dengan ungkapan tetangganya, petani tersebut ingin membuktikan ucapan tetangganya.
Tentukan kegiatan yang Tepat Dilakukan atau Tidak Tepat Dilakukan oleh petani untuk membuktikan ucapan tetangganya!
| # | Kegiatan | Tepat Dilakukan | Tidak Tepat Dilakukan |
| A. | Menguji satu benih toko dan satu benih hasil panen di lahan yang sama, lalu membandingkan hasilnya. |
|
|
| B. | Melakukan penanaman beberapa benih toko dan beberapa benih hasil panen di lahan yang sama, tetapi diberi pupuk yang berbeda, lalu membandingkan hasilnya. |
|
|
| C. | Menanam beberapa benih toko dan beberapa benih hasil panen di lahan yang sama, diberi pupuk yang sama, kemudian membandingkan hasilnya. |
|
|
| No Soal | 16 |
|---|---|
| Kompetensi | Menganalisis struktur bakteri dan peranannya terhadap manusia. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | E |
Seorang murid mengikuti lomba membuat produk pangan fermentasi di sekolah, yaitu membuat yogurt. Murid tersebut bertanggung jawab untuk memastikan proses produksi berjalan dengan baik. Salah satu tahap penting dalam pembuatan yogurt adalah penambahan bakteri.
Apa langkah pertama yang perlu dilakukan untuk memastikan bakteri yang digunakan dalam fermentasi berfungsi dengan optimal?
| No Soal | 17 |
|---|---|
| Kompetensi | Menganalisis proses metabolisme dan peran enzim. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | C |
Seorang atlet mengalami kelelahan otot setelah latihan intensif. Pelatihnya menjelaskan bahwa sel-sel otot sedang mengalami peningkatan aktivitas metabolik untuk memenuhi kebutuhan energi. Salah satu mekanisme utama yang terjadi dalam sel otot tersebut adalah proses katabolisme.
Berdasarkan situasi tersebut, proses manakah yang paling tepat dikategorikan sebagai katabolisme?
| No Soal | 18 |
|---|---|
| Kompetensi | Menganalisis keterkaitan struktur organ pada sistem respirasi dan fungsinya. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK Kategori |
| Kunci | Pernyataan A. Benar B. Benar C. Salah |
Setelah berlari selama 30 menit tanpa henti, seorang murid merasa nafasnya menjadi lebih cepat dan dalam. Hal ini terjadi karena tubuhnya membutuhkan lebih banyak oksigen dan harus membuang karbon dioksida lebih cepat.
Untuk membantu tubuh kembali ke kondisi normal dan mendukung proses pernapasan yang optimal, aktivitas apa saja yang sebaiknya dilakukan oleh pelari dalam situasi tersebut?
Tentukan Benar atau Salah pada setiap pernyataan berikut terkait aktivitas yang sebaiknya dilakukan pelari!
| # | Pernyataan | Benar | Salah |
| A. | Melakukan pendinginan dengan berjalan perlahan untuk menormalkan laju pernapasan. |
|
|
| B. | Mengatur napas dengan teknik pernapasan dalam (deep breathing) secara perlahan. |
|
|
| C. | Langsung duduk atau berbaring tanpa bergerak agar tubuh cepat beristirahat. |
|
|
| No Soal | 19 |
|---|---|
| Kompetensi | Menganalisis keterkaitan struktur organ pada sistem ekskresi dan fungsinya. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | PGK MCMA |
| Kunci | D dan E |
Berdasarkan survei Ikatan Dokter Anak Indonesia, terjadi peningkatan kasus kerusakan ginjal pada anak usia 12-18 tahun di sepanjang tahun 2024. Penderita kerusakan ginjal yang parah perlu dibantu dengan cuci darah. Seorang murid bertanya, “Mengapa ginjalnya yang rusak, tetapi darahnya yang “dicuci?”.
Apa penjelasan ilmiah secara fisiologis yang paling tepat untuk menjawab pertanyaan murid tersebut?
Pilihlah jawaban yang benar! Jawaban benar lebih dari satu.
| No Soal | 20 |
|---|---|
| Kompetensi | Merumuskan pertanyaan yang dapat diselidiki secara ilmiah. |
| Sub Kompetensi | |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | C |
Seorang anak merasa kesal karena kolam ikan hias di halaman rumahnya sering ada kecebong. Untuk menjaga agar katak tidak lagi bertelur di kolam ikan hiasnya, anak tersebut memindahkan katak ke selokan di belakang rumahnya. Sekalipun dia sudah sering memindahkan katak dari kolam, akan tetapi hampir setiap menjelang malam ada katak yang bernyanyi di tepi kolam. Hari ini, anak itu melakukan sesuatu yang belum pernah dilakukannya. Sebelum memindahkan katak dia menandai katak-katak tersebut dengan angka-angka.
Pertanyaan apa yang menurut kalian ingin diketahui anak tersebut?