Definisi
Muatan
Teks yang digunakan dalam TKA Bahasa Korea memiliki karakteristik sebagai berikut:
- Mengacu pada TOPIK I Level 1, kurikulum dan capaian pembelajaran yang meliputi berbagai topik seperti: perkenalan diri (자기 소개), salam (인사), belanja (쇼핑), hobi (취미), transportasi (교통), cuaca (날씨), kehidupan sehari-hari (일상생활), kehidupan keluarga (가족생활), wisata (여행), dan kehidupan sekolah (학교활동).
- Kalimat atau teks disajikan dalam berbagai format seperti teks pendek, ilustrasi gambar, dialog, pengumuman, memo, pesan teks, dan berbagai jenis teks sederhana lainnya.
Selain itu, teks yang digunakan dalam TKA Bahasa Korea memiliki kompleksitas sebagai berikut:
- Mengacu pada penguasaan TOPIK I Level 1 yang termasuk pada 800 kosakata dasar dan gramatika sederhana Bahasa Korea.
- Panjang teks sederhana dapat terdiri dari kosakata dengan hingga maksimal 200 karakter Hangeul.
- Teks sederhana yang digunakan dapat terdiri dari berbagai jenis teks atau ilustrasi gambar yang memuat kata, frasa, kalimat, atau teks tunggal sederhana.
Kompetensi
- Pemahaman literal: Mengidentifikasi informasi tertulis yang secara tersurat jelas dalam teks.
- Reorganisasi: Menata ulang, mengelompokkan, atau mengkategorikan isi teks untuk menjawab pertanyaan dengan tepat.
- Pemahaman inferensial: Menyimpulkan atau memahami makna yang tidak dinyatakan secara langsung atau tersirat dalam teks.
Matriks Asesmen
|
No. |
Kompetensi |
Subkompetensi |
|
1. |
Pemahaman Literal |
Memahami huruf Hangeul dan tata bahasa dasar pada kata, frasa, atau kalimat sederhana. |
|
Memahami fakta/informasi tersurat pada kalimat atau teks sederhana. |
||
|
2. |
Reorganisasi |
Menyusun urutan kata atau kalimat pada kalimat atau teks sederhana. |
|
Mengkategorikan fakta/informasi dari kalimat atau teks sederhana. |
||
|
3. |
Pemahaman
Inferensial |
Menyimpulkan fakta/informasi tersirat pada kalimat atau teks sederhana. |
|
Menyimpulkan hubungan sebab akibat atau perbandingan pada kalimat atau teks sederhana. |
||
|
Mengaplikasikan penggunaan tata bahasa bentuk negasi, kala kini, kala lampau, atau kala yang
akan datang pada teks sederhana. |

| No Soal | 1 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Literal |
| Sub Kompetensi | Memahami fakta/informasi tersurat pada kalimat atau teks sederhana. |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | B |
이 메모를 쓴 사람은 누구입니까?

| No Soal | 2 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Inferensial |
| Sub Kompetensi | Menyimpulkan fakta/informasi tersirat pada kalimat atau teks sederhana. |
| Bentuk Soal | PGK MCMA |
| Kunci | A, B |
다음을 읽고 맞는 것을 고르십시오.
Mana saja kesimpulan yang tepat terkait memo tersebut?
Pilihlah jawaban yang benar! Jawaban benar lebih dari satu.
다음을 순서대로 맞게 배열한 것을 고르십시오.
| No Soal | 3 |
|---|---|
| Kompetensi | Reorganisasi |
| Sub Kompetensi | Menyusun urutan kata atau kalimat pada kalimat atau teks sederhana. |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | C |
가) 음악을 들으면 기분이 좋습니다.
나) 저는 아침에 일어나서 라디오를 켜고 음악을 듣습니다.
다) 그래서 청소할 때나 공부할 때 음악을 자주 듣습니다.
Susunlah kalimat tersebut menjadi paragraf padu!

| No Soal | 4 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Literal |
| Sub Kompetensi | Memahami fakta/informasi tersurat pada kalimat atau teks sederhana. |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | E |
다음을 읽고 맞는 것을 고르십시오.
다음을 읽고 맞는 것을 고르십시오.
민수는 아침 6 시에 일어나요. 7 시에 아침을 먹고 학교에 가요. 오후에는 학원에 가서 공부해요. 밤에는 숙제를 하고 10 시에 자요.
| No Soal | 5 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Inferensial |
| Sub Kompetensi | Menyimpulkan fakta/informasi tersirat pada kalimat atau teks sederhana. |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | C |
밤 9 시에 민수가 한 일은 무엇인가요?
다음을 읽고 맞으면 O, 틀리면 X 로 답하십시오.
저는 인도네시아에서 온 사람입니다. 자카르타에서 살고 있습니다. 그리고 저는 한국어를 아주 좋아해서 한국어를 배우기 시작했습니다. 친구들도 한국어를 할 수 있습니다. 저는 한국 음악, 드라마 그리고 문화를 관심이 많습니다. 나중에 시간이 있으면 한국에 가고 싶습니다. 한국에 가면 엄마와 동생이랑 가고 싶습니다.
| No Soal | 6 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Literal |
| Sub Kompetensi | Memahami fakta/informasi tersurat pada kalimat atau teks sederhana. |
| Bentuk Soal | PGK Kategori |
| Kunci | Pernyataan A. Salah B. Benar C. Benar |
그 사람은 한국에 누구와 가고 싶습니까?
Tentukan Benar (O) atau Salah (X) untuk setiap pernyataan berikut!
| # | Pernyataan | Benar (O) | Salah (X) |
| A. | 친구들 |
|
|
| B. | 엄마 |
|
|
| C. | 동생 |
|
|
Teks untuk soal nomor 7 dan 8!

| No Soal | 7 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Literal |
| Sub Kompetensi | Memahami fakta/informasi tersurat pada kalimat atau teks sederhana |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | C |
기차는 어디로 갑니까?
Teks untuk soal nomor 7 dan 8!

| No Soal | 8 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Inferensial |
| Sub Kompetensi | Menyimpulkan fakta/informasi tersirat pada kalimat atau teks sederhana |
| Bentuk Soal | PGK MCMA |
| Kunci | B dan D |
그림을 보고 맞는 것을 모두 고르십시오.
그림을 보고 맞는 것을 고르십시오.

| No Soal | 9 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Literal |
| Sub Kompetensi | Memahami huruf Hangeul dan tata bahasa dasar pada kata, frasa, atau kalimat sederhana |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | A |
고양이는 어디에 있습니까?

그림을 보고 질문에 알맞은 답을 고르십시오
| No Soal | 10 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Inferensial |
| Sub Kompetensi | Mengaplikasikan penggunaan tata bahasa bentuk negasi, kala kini, kala lampau, atau kala yang akan datang pada teks sederhana |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | D |
빈칸에 들어갈 가장 알맞은 표현을 고르십시오.