Definisi

TKA Bahasa Jepang mengukur kemampuan murid dalam berbahasa Jepang pada level A1 JF Standard dan bernalar kritis-kreatif pada aktivitas komunikasi. TKA Bahasa Jepang difokuskan pada salah satu keterampilan berbahasa, yakni membaca. Membaca merupakan salah satu keterampilan di dalam memahami ungkapan-ungkapan komunikatif sehari-hari, hal-hal konkret, dan rutin dalam kehidupan sehari-hari dan lingkungan sekitar yang bersumber dari berbagai macam kalimat dan teks sederhana. 

Muatan

Teks yang digunakan dalam TKA Bahasa Jepang memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Jenis teks sederhana yang digunakan dalam TKA Bahasa Jepang adalah teks pendek yang meliputi teks interpersonal/transaksional, pengumuman, pesan singkat, deskripsi orang dan tempat.

  • Topik atau wacana yang digunakan merupakan tema situasi sehari-hari dan lingkup sekolah. Topik yang digunakan meliputi: aisatsu (persalaman), jikoshoukai (perkenalan diri), jikan (waktu), kazoku (keluarga), dekirukoto (kemampuan), gakkou no seikatsu (kehidupan sekolah), uchi (rumah), mainichi no seikatsu (kehidupan sehari-hari), shumi (hobi), dan himana toki (waktu senggang).


Selain itu, teks yang digunakan dalam TKA Bahasa Jepang memiliki kompleksitas sebagai berikut:

  • Teks sederhana yang digunakan dalam TKA Bahasa Jepang dapat berupa ilustrasi gambar, kata, atau kalimat sederhana yang terdiri dari 5 – 7 kata dan teks pendek sederhana yang terdiri dari maksimal 50 kata dengan topik situasi sehari-hari dan lingkup sekolah.

  • Pola kalimat dasar yang digunakan adalah: Subjek + Objek + Predikat (SOP) atau dapat ditambahkan keterangan sederhana. Struktur teks sederhana yang digunakan dengan kalimat pendek dan jelas dengan penggunaan huruf hiragana, katakana, dan/atau romaji sesuai tingkatan level A1.

Kompetensi

 

Keterampilan membaca yang diukur dalam TKA Bahasa Jepang mencakup aspek sebagai berikut:

  • Pemahaman literal: Mengidentifikasi informasi eksplisit dalam teks.

  • Reorganisasi: Mengorganisasi ulang informasi dari teks untuk menjawab pertanyaan.

  • Pemahaman inferensial: Menarik kesimpulan atau memahami makna tersirat dalam teks.

Matriks Asesmen

No.

Kompetensi

Subkompetensi

1.

Pemahaman Literal

Menemukan informasi tersurat dari gambar atau teks sederhana.

Melengkapi teks dengan kosakata dan ungkapan komunikatif sesuai topik dari isi teks sederhana.

2.

Reorganisasi

Menyusun kata-kata menjadi kalimat utuh sesuai struktur Bahasa Jepang.

3.

Pemahaman Inferensial

  Menyimpulkan informasi tersirat dari teks sederhana.

  Mengaplikasikan Pengunaan tata bahasa bentuk negasi  lampau, atau akan datang pada teks sederhana

 

No Soal 1
Kompetensi Pemahaman Literal
Sub Kompetensi Melengkapi teks dengan kosakata dan ungkapan komunikatif sesuai topik dari isi teks sederhana
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci B

リカ   : けんたさん、まいあさ なにを たべますか。けんた :                  を たべます。

 

No Soal 2
Kompetensi Pemahaman Literal
Sub Kompetensi Melengkapi teks dengan kosakata dan ungkapan komunikatif sesuai topik dari
isi teks sederhana
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci E

まいあさ、5じ               おきます。

です / じゅう ねんせい / すみません / きょうしつ / / / どこ /か /

No Soal 3
Kompetensi Reorganisasi
Sub Kompetensi Menyusun kata-kata menjadi kalimat utuh sesuai struktur Bahasa Jepang
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci C

Susunlah kosakata tersebut menjadi kalimat padu!

 

No Soal 4
Kompetensi Pemahaman Inferensial
Sub Kompetensi Menyimpulkan informasi tersirat dari teks sederhana
Bentuk Soal PGK Kategori
Kunci A. Benar
B. Salah
C. Benar

Bagaimana pernyataan yang tepat terkait ilustrasi gambar kalender tersebut?

Tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!

#PernyataanBenarSalah
A.

Ashita wa suiyoubi desu.

B.

Asatte wa yokka desu.

C.

Kinou wa yasumi deshita.

Teks untuk soal nomor 5 dan 6!

Akiko san wa maishuu nichiyoubi ni oyogimasu.

Kenta san wa maishuu kinyoubi ni badominton o shimasu.

Maya san wa maishuu kinyoubi ni badominton o shimasu. Tokidoki oyogimasu.

Anton san wa maishuu nichiyoubi ni sakkaa o shimasu. Tokidoki oyogimasu.

 

No Soal 5
Kompetensi Pemahaman Inferensial
Sub Kompetensi Menyimpulkan informasi tersirat dari teks sederhana
Bentuk Soal PGK Kategori
Kunci A. Benar
B. Salah
C. Benar

Bagaimana pernyataan kesimpulan yang tepat terkait teks tersebut?

Tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!

#PernyataanBenarSalah
A.

Minna wa supootsu ga suki desu.

B.

Akiko san wa nani mo dekimasen.

C.

Maya san wa badominton ga suki desu.

 Teks untuk soal nomor 5 dan 6!

Akiko san wa maishuu nichiyoubi ni oyogimasu.

Kenta san wa maishuu kinyoubi ni badominton o shimasu.

Maya san wa maishuu kinyoubi ni badominton o shimasu. Tokidoki oyogimasu.

Anton san wa maishuu nichiyoubi ni sakkaa o shimasu. Tokidoki oyogimasu.

No Soal 6
Kompetensi Pemahaman Literal
Sub Kompetensi Menemukan informasi tersurat dari gambar atau teks sederhana
Bentuk Soal PGK MCMA
Kunci A,B,D

Mana saja informasi yang tepat terkait teks tersebut?

Pilihlah jawaban yang benar! Jawaban benar lebih dari satu.

No Soal 7
Kompetensi Pemahaman Inferensial
Sub Kompetensi Mengaplikasikan penggunaan tata bahasa bentuk negasi, lampau, atau akan datang pada teks sederhana
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci B

Watashino gakkou wa hiroi desu. Sankai arimasu. Kouchoushitsu, shoukuinshitsu, hokenshitsu, jimushitsu wa ikkai ni arimasu.

Kyoushitsu to toshoushitsu wa nikai to sankai ni arimasu. Watashi wa yasumi jikan no toki ni yoku toshoshitsu ni imasu. 

No Soal 8
Kompetensi Pemahaman Literal
Sub Kompetensi Melengkapi teks dengan kosakata dan ungkapan komunikatif sesuai topik dari isi teks sederhana
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci D

Toshoshitsu de __________. Toshoshitsu wa shizukana tokoro desu. Kono tokorowa daisuki desu.

わたしの かぞくは ごにんです。ちちと ははと あねが います。ははは びょういんで はたらいています。ちちは りょうりが とくいです。まいしゅう、かぞくで こうえんに いきます。

No Soal 9
Kompetensi Pemahaman Inferensial
Sub Kompetensi Menyimpulkan informasi tersirat dari teks sederhana
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci C

おかあさんの しごとは なんですか。

はじめまして。

ぼくは アミルです。パキスタンじんです。

サッカーが すきです。まいにち れんしゅうします。

よろしく おねがいします。

No Soal 10
Kompetensi Pemahaman Literal
Sub Kompetensi Menemukan informasi tersurat dari gambar atau teks sederhana
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci A

アミルさんの しゅみは なんですか。