Definisi
Muatan
Teks yang digunakan dalam TKA Bahasa Jepang memiliki karakteristik sebagai berikut:
Jenis teks sederhana yang digunakan dalam TKA Bahasa Jepang adalah teks pendek yang meliputi teks interpersonal/transaksional, pengumuman, pesan singkat, deskripsi orang dan tempat.
Topik atau wacana yang digunakan merupakan tema situasi sehari-hari dan lingkup sekolah. Topik yang digunakan meliputi: aisatsu (persalaman), jikoshoukai (perkenalan diri), jikan (waktu), kazoku (keluarga), dekirukoto (kemampuan), gakkou no seikatsu (kehidupan sekolah), uchi (rumah), mainichi no seikatsu (kehidupan sehari-hari), shumi (hobi), dan himana toki (waktu senggang).
Selain itu, teks yang digunakan dalam TKA Bahasa Jepang memiliki kompleksitas sebagai berikut:
Teks sederhana yang digunakan dalam TKA Bahasa Jepang dapat berupa ilustrasi gambar, kata, atau kalimat sederhana yang terdiri dari 5 – 7 kata dan teks pendek sederhana yang terdiri dari maksimal 50 kata dengan topik situasi sehari-hari dan lingkup sekolah.
Pola kalimat dasar yang digunakan adalah: Subjek + Objek + Predikat (SOP) atau dapat ditambahkan keterangan sederhana. Struktur teks sederhana yang digunakan dengan kalimat pendek dan jelas dengan penggunaan huruf hiragana, katakana, dan/atau romaji sesuai tingkatan level A1.
Kompetensi
Keterampilan membaca yang diukur dalam TKA Bahasa Jepang mencakup aspek sebagai berikut:
Pemahaman literal: Mengidentifikasi informasi eksplisit dalam teks.
Reorganisasi: Mengorganisasi ulang informasi dari teks untuk menjawab pertanyaan.
Pemahaman inferensial: Menarik kesimpulan atau memahami makna tersirat dalam teks.
Matriks Asesmen
|
No. |
Kompetensi |
Subkompetensi |
|
1. |
Pemahaman Literal |
Menemukan informasi tersurat dari gambar atau teks sederhana. |
|
Melengkapi teks dengan kosakata dan ungkapan komunikatif sesuai topik dari isi teks sederhana. |
||
|
2. |
Reorganisasi |
Menyusun kata-kata menjadi kalimat utuh sesuai struktur Bahasa Jepang. |
|
3. |
Pemahaman Inferensial |
Menyimpulkan informasi tersirat dari teks sederhana. |
|
Mengaplikasikan Pengunaan tata bahasa
bentuk negasi lampau, atau akan datang pada teks sederhana |
| No Soal | 1 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Literal |
| Sub Kompetensi | Melengkapi teks dengan kosakata dan ungkapan komunikatif sesuai topik dari isi teks sederhana |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | B |
リカ : けんたさん、まいあさ なにを たべますか。けんた : を たべます。
| No Soal | 2 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Literal |
| Sub Kompetensi | Melengkapi teks dengan kosakata dan ungkapan komunikatif sesuai topik dari isi teks sederhana |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | E |
まいあさ、5じ おきます。
です / じゅう / ねんせい / すみません / きょうしつ / は / の / どこ /か /
| No Soal | 3 |
|---|---|
| Kompetensi | Reorganisasi |
| Sub Kompetensi | Menyusun kata-kata menjadi kalimat utuh sesuai struktur Bahasa Jepang |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | C |
Susunlah kosakata tersebut menjadi kalimat padu!

| No Soal | 4 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Inferensial |
| Sub Kompetensi | Menyimpulkan informasi tersirat dari teks sederhana |
| Bentuk Soal | PGK Kategori |
| Kunci | A. Benar B. Salah C. Benar |
Bagaimana pernyataan yang tepat terkait ilustrasi gambar kalender tersebut?
Tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!
| # | Pernyataan | Benar | Salah |
| A. | Ashita wa suiyoubi desu. |
|
|
| B. | Asatte wa yokka desu. |
|
|
| C. | Kinou wa yasumi deshita. |
|
|
Teks untuk soal nomor 5 dan 6!
Akiko san wa maishuu nichiyoubi ni oyogimasu.
Kenta san wa maishuu kinyoubi ni badominton o shimasu.
Maya san wa maishuu kinyoubi ni badominton o shimasu. Tokidoki oyogimasu.
Anton san wa maishuu nichiyoubi ni sakkaa o shimasu. Tokidoki oyogimasu.
| No Soal | 5 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Inferensial |
| Sub Kompetensi | Menyimpulkan informasi tersirat dari teks sederhana |
| Bentuk Soal | PGK Kategori |
| Kunci | A. Benar B. Salah C. Benar |
Bagaimana pernyataan kesimpulan yang tepat terkait teks tersebut?
Tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!
| # | Pernyataan | Benar | Salah |
| A. | Minna wa supootsu ga suki desu. |
|
|
| B. | Akiko san wa nani mo dekimasen. |
|
|
| C. | Maya san wa badominton ga suki desu. |
|
|
Teks untuk soal nomor 5 dan 6!
Akiko san wa maishuu nichiyoubi ni oyogimasu.
Kenta san wa maishuu kinyoubi ni badominton o shimasu.
Maya san wa maishuu kinyoubi ni badominton o shimasu. Tokidoki oyogimasu.
Anton san wa maishuu nichiyoubi ni sakkaa o shimasu. Tokidoki oyogimasu.
| No Soal | 6 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Literal |
| Sub Kompetensi | Menemukan informasi tersurat dari gambar atau teks sederhana |
| Bentuk Soal | PGK MCMA |
| Kunci | A,B,D |
Mana saja informasi yang tepat terkait teks tersebut?
Pilihlah jawaban yang benar! Jawaban benar lebih dari satu.

| No Soal | 7 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Inferensial |
| Sub Kompetensi | Mengaplikasikan penggunaan tata bahasa bentuk negasi, lampau, atau akan datang pada teks sederhana |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | B |
Watashino gakkou wa hiroi desu. Sankai arimasu. Kouchoushitsu, shoukuinshitsu, hokenshitsu, jimushitsu wa ikkai ni arimasu.
Kyoushitsu to toshoushitsu wa nikai to sankai ni arimasu. Watashi wa yasumi jikan no toki ni yoku toshoshitsu ni imasu.
| No Soal | 8 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Literal |
| Sub Kompetensi | Melengkapi teks dengan kosakata dan ungkapan komunikatif sesuai topik dari isi teks sederhana |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | D |
Toshoshitsu de __________. Toshoshitsu wa shizukana tokoro desu. Kono tokorowa daisuki desu.
わたしの かぞくは ごにんです。ちちと ははと あねが います。ははは びょういんで はたらいています。ちちは りょうりが とくいです。まいしゅう、かぞくで こうえんに いきます。
| No Soal | 9 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Inferensial |
| Sub Kompetensi | Menyimpulkan informasi tersirat dari teks sederhana |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | C |
おかあさんの しごとは なんですか。
はじめまして。
ぼくは アミルです。パキスタンじんです。
サッカーが すきです。まいにち れんしゅうします。
よろしく おねがいします。
| No Soal | 10 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Literal |
| Sub Kompetensi | Menemukan informasi tersurat dari gambar atau teks sederhana |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | A |
アミルさんの しゅみは なんですか。