Definisi

TKA Bahasa Arab bertujuan untuk mengukur kemampuan murid dalam berbahasa Arab, mencakup pemahaman teks yang tersurat (disampaikan secara eksplisit) maupun yang tersirat (tersamar atau implisit), serta penguasaan kaidah dasar bahasa Arab dalam berbagai aktivitas komunikasi. TKA Bahasa Arab berfokus pada salah satu keterampilan berbahasa, yaitu membaca (al-Qirā’ah). Keterampilan membaca merupakan salah satu aspek utama dan sangat penting dalam memperoleh serta mengolah informasi, terutama di era teknologi yang berkembang pesat dan menuntut kemampuan literasi yang baik.

Muatan

Teks yang digunakan dalam TKA Bahasa Arab memiliki karakteristik sebagai berikut:

  • Mencakup topik-topik yang berkaitan dengan kehidupan sehari- hari (al-ḥayāt al-yaumiyyah) mencakup kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, pelayanan umum, lingkungan sekitar (al-bi’ah), serta dialog yang memuat ungkapan persetujuan (muwāfaqah), perintah (al-amr), dan larangan (an-nahyu).
  • Memenuhi kaidah kebahasaan yang benar dan sesuai, baik dari segi pemilihan kata, struktur kalimat, penggunaan ungkapan, maupun aspek kebahasaan lainnya.

Kompleksitas teks yang digunakan dalam TKA Bahasa Arab dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti jumlah kata, kompleksitas kosakata, frekuensi penggunaan kosakata, serta struktur kalimat yang digunakan. Teks yang digunakan dalam TKA Bahasa Arab memiliki kompleksitas sebagai berikut:

  • Kosakata yang digunakan merupakan bahasa Arab baku (fusha).
  • Satu paragraf teks naratif idealnya terdiri atas maksimal 25–50 kosakata atau sekitar 2–4 baris.
  • Dalam bentuk dialog, satu dialog dapat berupa 5–6 kali tanya jawab.
  • Kosakata dan kalimat yang digunakan harus mudah dipahami, tidak rumit, dan sesuai dengan jenjang murid.
  • Kosakata, kalimat, dan ungkapan dalam teks sebaiknya merupakan bentuk yang umum dan sering digunakan, bukan yang jarang ditemukan.
  • Ungkapan dan kalimat dalam teks harus benar secara nahwu dan sharf, familier dalam konteks dunia Arab, dan lazim ditemukan dalam buku pelajaran bahasa Arab untuk murid.

Kompetensi

Keterampilan membaca yang diukur dalam TKA Bahasa Arab mencakup tiga aspek sebagai berikut:

  • Pemahaman literal: Mengidentifikasi informasi yang dinyatakan secara eksplisit dalam teks.
  • Reorganisasi: Menata ulang informasi dari teks untuk menjawab pertanyaan dengan tepat.
  • Pemahaman inferensial: Menyimpulkan atau memahami makna yang tidak disampaikan secara langsung (implisit) dalam teks.

Matriks Asesmen

 

No.

Kompetensi

Subkompetensi

1.

Pemahaman Literal

Mengidentifikasi dan menjelaskan informasi tersurat dalam teks.

Menentukan sinonim atau antonim kata dalam suatu kalimat.

MenentukaN arti kosakata (mufradat) dalam konteks kalimat tertentu.

2.

Reorganisasi

Menyusun kosakata acak menjadi kalimat yang tepat sesuai konteks dialog atau teks sederhana.

Mengurutkan kalimat acak menjadi teks sederhana.

3.

Pemahaman Inferensial

Menyimpulkan informasi atau makna tersirat dalam teks.

Menjelaskan topik atau ide pokok pada teks sederhana.

Menyimpulkan makna teks berdasarkan gramatika bahasa Arab (nahwu dan sharf).

No Soal 1
Kompetensi Pemahaman Literal
Sub Kompetensi Mengidentifikasi dan menjelaskan informasi tersurat dalam teks.
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci C

No Soal 2
Kompetensi Pemahaman Literal
Sub Kompetensi Menentukan arti kosakata (mufradat) dalam konteks kalimat tertentu.
Bentuk Soal PGK Kategori
Kunci Pernyataan
A. Benar
B. Salah
C. Benar

Tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!

#PernyataanBenarSalah
A.

Saya menyaksikan.

B.

Saya bermain.

C.

Saya menonton.

Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat yang benar!

No Soal 3
Kompetensi Reorganisasi
Sub Kompetensi Menyusun kosakata acak menjadi kalimat yang tepat sesuai konteks dialog atau teks sederhana.
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci A

No Soal 4
Kompetensi Pemahaman Inferensial
Sub Kompetensi Menyimpulkan informasi atau makna tersirat dalam teks.
Bentuk Soal PGK MCMA
Kunci A, C

Jawaban benar lebih dari satu.

          

No Soal 5
Kompetensi Pemahaman Literal
Sub Kompetensi Mengidentifikasi dan menjelaskan informasi tersurat dalam teks.
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci A

          

No Soal 6
Kompetensi Pemahaman Inferensial
Sub Kompetensi Menjelaskan topik atau ide pokok pada teks sederhana.
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci B

 

No Soal 7
Kompetensi Pemahaman Literal
Sub Kompetensi Menentukan sinonim atau antonim kata dalam suatu kalimat
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci D

 

No Soal 8
Kompetensi Pemahaman Inferensial
Sub Kompetensi Menyimpulkan informasi atau makna tersirat dalam teks
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci C

كَيْفَ تُسَاعِدُ ٱلْأَشْجَارُ ٱلنَّاسَ؟

Susunlah kalimat berikut menjadi paragraf padu!

No Soal 9
Kompetensi Reorganisasi
Sub Kompetensi Mengurutkan kalimat acak menjadi teks sederhana
Bentuk Soal Pilihan Ganda (PG)
Kunci B

 

No Soal 10
Kompetensi Pemahaman Inferensial
Sub Kompetensi Menyimpulkan informasi atau makna tersirat dalam teks
Bentuk Soal PGK MCMA
Kunci A, B

Jawaban benar lebih dari satu.