Definisi
Muatan
Teks yang digunakan dalam TKA Bahasa Arab memiliki karakteristik sebagai berikut:
- Mencakup topik-topik yang berkaitan dengan kehidupan sehari- hari (al-ḥayāt al-yaumiyyah) mencakup kehidupan sekolah, kehidupan keluarga, hobi, pekerjaan, pelayanan umum, lingkungan sekitar (al-bi’ah), serta dialog yang memuat ungkapan persetujuan (muwāfaqah), perintah (al-amr), dan larangan (an-nahyu).
- Memenuhi kaidah kebahasaan yang benar dan sesuai, baik dari segi pemilihan kata, struktur kalimat, penggunaan ungkapan, maupun aspek kebahasaan lainnya.
Kompleksitas teks yang digunakan dalam TKA Bahasa Arab dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti jumlah kata, kompleksitas kosakata, frekuensi penggunaan kosakata, serta struktur kalimat yang digunakan. Teks yang digunakan dalam TKA Bahasa Arab memiliki kompleksitas sebagai berikut:
- Kosakata yang digunakan merupakan bahasa Arab baku (fusha).
- Satu paragraf teks naratif idealnya terdiri atas maksimal 25–50 kosakata atau sekitar 2–4 baris.
- Dalam bentuk dialog, satu dialog dapat berupa 5–6 kali tanya jawab.
- Kosakata dan kalimat yang digunakan harus mudah dipahami, tidak rumit, dan sesuai dengan jenjang murid.
- Kosakata, kalimat, dan ungkapan dalam teks sebaiknya merupakan bentuk yang umum dan sering digunakan, bukan yang jarang ditemukan.
- Ungkapan dan kalimat dalam teks harus benar secara nahwu dan sharf, familier dalam konteks dunia Arab, dan lazim ditemukan dalam buku pelajaran bahasa Arab untuk murid.
Kompetensi
Keterampilan membaca yang diukur dalam TKA Bahasa Arab mencakup tiga aspek sebagai berikut:
- Pemahaman literal: Mengidentifikasi informasi yang dinyatakan secara eksplisit dalam teks.
- Reorganisasi: Menata ulang informasi dari teks untuk menjawab pertanyaan dengan tepat.
- Pemahaman inferensial: Menyimpulkan atau memahami makna yang tidak disampaikan secara langsung (implisit) dalam teks.
Matriks Asesmen
|
No. |
Kompetensi |
Subkompetensi |
|
1. |
Pemahaman Literal |
Mengidentifikasi dan menjelaskan informasi tersurat dalam teks. |
|
Menentukan sinonim atau antonim kata dalam suatu kalimat. |
||
|
MenentukaN arti kosakata (mufradat) dalam konteks kalimat tertentu. |
||
|
2. |
Reorganisasi |
Menyusun kosakata acak menjadi kalimat yang tepat sesuai
konteks dialog atau teks sederhana. |
|
Mengurutkan kalimat acak menjadi teks sederhana. |
||
|
3. |
Pemahaman Inferensial |
Menyimpulkan informasi atau makna tersirat dalam teks. |
|
Menjelaskan topik atau ide pokok pada teks sederhana. |
||
|
Menyimpulkan makna teks berdasarkan gramatika bahasa Arab (nahwu dan sharf). |



| No Soal | 1 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Literal |
| Sub Kompetensi | Mengidentifikasi dan menjelaskan informasi tersurat dalam teks. |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | C |



| No Soal | 2 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Literal |
| Sub Kompetensi | Menentukan arti kosakata (mufradat) dalam konteks kalimat tertentu. |
| Bentuk Soal | PGK Kategori |
| Kunci | Pernyataan A. Benar B. Salah C. Benar |
Tentukan Benar atau Salah untuk setiap pernyataan berikut!
| # | Pernyataan | Benar | Salah |
| A. | Saya menyaksikan. |
|
|
| B. | Saya bermain. |
|
|
| C. | Saya menonton. |
|
|

Susunlah kata-kata berikut menjadi kalimat yang benar!
| No Soal | 3 |
|---|---|
| Kompetensi | Reorganisasi |
| Sub Kompetensi | Menyusun kosakata acak menjadi kalimat yang tepat sesuai konteks dialog atau teks sederhana. |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | A |



| No Soal | 4 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Inferensial |
| Sub Kompetensi | Menyimpulkan informasi atau makna tersirat dalam teks. |
| Bentuk Soal | PGK MCMA |
| Kunci | A, C |


Jawaban benar lebih dari satu.







| No Soal | 5 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Literal |
| Sub Kompetensi | Mengidentifikasi dan menjelaskan informasi tersurat dalam teks. |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | A |








| No Soal | 6 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Inferensial |
| Sub Kompetensi | Menjelaskan topik atau ide pokok pada teks sederhana. |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | B |

| No Soal | 7 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Literal |
| Sub Kompetensi | Menentukan sinonim atau antonim kata dalam suatu kalimat |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | D |

| No Soal | 8 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Inferensial |
| Sub Kompetensi | Menyimpulkan informasi atau makna tersirat dalam teks |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | C |
كَيْفَ تُسَاعِدُ ٱلْأَشْجَارُ ٱلنَّاسَ؟

Susunlah kalimat berikut menjadi paragraf padu!
| No Soal | 9 |
|---|---|
| Kompetensi | Reorganisasi |
| Sub Kompetensi | Mengurutkan kalimat acak menjadi teks sederhana |
| Bentuk Soal | Pilihan Ganda (PG) |
| Kunci | B |




| No Soal | 10 |
|---|---|
| Kompetensi | Pemahaman Inferensial |
| Sub Kompetensi | Menyimpulkan informasi atau makna tersirat dalam teks |
| Bentuk Soal | PGK MCMA |
| Kunci | A, B |


Jawaban benar lebih dari satu.