Memuat Laman Pusat Asesmen Pendidikan

PUSAT ASESMEN PENDIDIKAN

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

PUSAT ASESMEN PENDIDIKAN MENUJU WBBM
Berita
Home Berita
Sosialisasi Asesmen Skala Nasional: Asesmen Bakat dan Minat 
Sabtu, 27 Januari 2024 6434x dilihat

Sebagai upaya untuk menginformasikan salah satu program asesmen berskala nasional yang diadakan Kemendikbudristek tahun 2024, Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) menggelar Sosialisasi Asesmen Bakat Minat yang dilaksanakan pada hari Kamis, tanggal 23 Januari 2024. Maksud diadakan sosialisasi adalah penyampaian adanya layanan Asesmen Bakat dan Minat (ABM) yang ditujukan untuk jenjang SMP/MTs/SMPK/SMPTK/MWP di seluruh Indonesia. Layanan ini akan diadakan selama sepuluh hari, mulai tanggal 19 Februari 2024 hingga 1 Maret 2024. Seluruh informasi mengenai pelaksanaan ABM dapat dilihat pada laman ABM berikut https://pusmendik.kemdikbud.go.id/abm.

Sosialisasi dilakukan secara daring melalui zoom meeting dan streaming youtube yang dibagi dalam dua sesi, di mana sesi pertama untuk peserta di wilayah Indonesia bagian timur dan tengah, dan sesi kedua untuk peserta di wilayah Indonesia bagian barat. Adapun peserta yang hadir melalui zoom adalah undangan perwakilan dari Kementerian Agama RI, Dinas Pendidikan Provinsi, Kanwil Kemenag Provinsi, Dinas Pendidikan kota/Kabupaten dan Kantor Kemenag Kota/Kabupaten dari setiap wilayah. Sesi pertama diikuti oleh sekitar 200 peserta undangan dan sesi kedua diikuti kurang lebih 400 peserta. Adapun peserta yang menyaksikan melalui streaming youtube adalah perwakilan dari satuan pendidikan jenjang SMP/MTs/SMPK/SMPTK/MWP di seluruh Indonesia.

Sosialisasi dimulai dengan pengarahan dan penjelasan kebijakan ABM Pusmendik oleh Kepala Pusmendik, Asrijanty. Beliau menyampaikan arahan bahwa ABM merupakan pelayanan atau fasilitasi yang diberikan oleh Kemdikbudristek pada peserta didik untuk jenjang SMP kelas IX yang nantinya masing-masing peserta didik yang mengikuti ABM akan mendapat hasil secara individu. Terkait layanan  ABM ini bersifat tidak wajib dan juga tidak berbayar. Beliau mengharapkan adanya sinergi baik dari pemerintah daerah maupun satuan pendidikan untuk dapat mendukung pelaksanaan ABM ini supaya berjalan lancar.

Selanjutnya, sosialisasi dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber mengenai petunjuk teknis pelaksanaan ABM, penjelasan simulasi pendaftaran, dan simulasi aplikasi. Hasil dari ABM diharapkan dapat memberikan gambaran mengenai potensi peserta didik pada bidang-bidang khusus dan kesesuaian dengan minatnya. Dengan adanya penjelasan mengenai petunjuk teknis pelaksanaan, diharapkan satuan pendidikan dapat mengetahui sarana dan prasarana yang diperlukan untuk menyukseskan pelaksanaan ABM, seperti menyiapkan perangkat maupun pelaksana ABM di satuan pendidikan. 

Saat sosialisasi, peserta juga diberikan kesempatan untuk bertanya, baik yang hadir di zoom, maupun yang menyaksikan di youtube. Dalam sesi tanya jawab, terdapat pertanyaan mengenai alasan pelaksanaan ABM hanya dilakukan dalam 1 sesi. Terkait hal tersebut, dijelaskan bahwa asesmen ini merupakan asesmen psikologi yang membutuhkan waktu pengerjaan yang cukup lama sehingga membutuhkan kondisi fisik dan psikologis yang baik. Kondisi fisik dan psikologis peserta didik sangat mempengaruhi konsentrasi saat mengerjakan asesmen, sehingga dapat berpengaruh pula pada keakuratan hasil asesmen. Selain itu, terdapat beberapa pertanyaan terkait spesifikasi komputer yang digunakan. ABM dilaksanakan menggunakan komputer dengan OS minimal Windows7/Chromebook/MacOS. Pertanyaan lain yang banyak ditanyakan oleh peserta adalah terkait biaya yang dapat dianggarkan satuan pendidikan dalam pelaksanaan ABM. Dalam hal ini, dijelaskan bahwa untuk pelaksanaan ABM belum termasuk dalam dana BOS. Adapun alternatif pembiayaannya bisa menggunakan anggaran lain. 

Dalam sosialisasi ini juga diinformasikan mengenai bentuk pelaporan hasil ABM peserta didik, bagaimana mendapatkan hasil tersebut, dan apa yang harus dilakukan pihak satuan pendidikan setelah menerima hasil tersebut. Hasil ABM dan panduan pemaknaan skor hasil ABM dapat diunduh melalui laman ABM. 

Pengarahan oleh Kapusmendik, Ibu Asrijanty


Sesi Diskusi dan Tanya Jawab