Memuat Laman Pusat Asesmen Pendidikan

PUSAT ASESMEN PENDIDIKAN

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

PUSAT ASESMEN PENDIDIKAN MENUJU WBBM
Berita
Home Berita
Monitoring Kapusmendik Dalam Gladi AN 2023 di Kota Padang
Jumat, 22 September 2023 3112x dilihat

MONITORING KAPUSMENDIK DALAM GLADI AN 2023 DI KOTA PADANG

Asesmen Nasional (AN) 2023 jenjang SMP sederajat dilaksanakan pada tanggal 18-21 September 2023. Untuk memastikan bahwa semua alat yang digunakan untuk proses pengambilan data selama AN berlangsung berfungsi dengan baik, sebelum pelaksanaan AN, seluruh satuan pendidikan dan siswa peserta AN diharuskan mengikuti gladi bersih. Gladi bersih AN jenjang SMP sederajat dilaksanakan satu minggu sebelum AN, yaitu tanggal 11-14 September 2023. Untuk itu, Pusmendik melakukan monitoring gladi AN di dua kota, yaitu Kota Padang, Sumatra Barat dan Kota Pasuruan, Jawa Timur.

Tujuan kegiatan ini adalah memonitoring pelaksanaan gladi bersih Asesmen Nasional (AN) 2023 jenjang SMP, sekaligus memastikan instrumen yang akan digunakan dalam AN, meliputi instrumen AKM Literasi-Numerasi, Survey Karakter, Survey Lingkungan Belajar, sudah ter-delivery dengan baik di aplikasi tes serta sistem MSAT yang akan digunakan juga sudah berjalan dengan baik. Harapannya, seluruh permasalahan yang berpeluang menjadi kendala saat pelaksanaan AN jenjang SMP dapat teridentifikasi dengan baik sehingga pelaksanaan AN jenjang SMP dapat berjalan dengan lancar.

Untuk pelaksanaan di Kota Padang, Kepala Pusat Asesmen Akademik, Ibu Asrijanty, turut mengikuti monev Gladi AN ditemani Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) AN, Nur Muhammaditya, dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang. Dalam monitoringnya, beliau dan tim sempat berkunjung ke beberapa sekolah, di antaranya SMPN 24 Padang, SMP Muhammadiyah 1, SMP Adabiah, dan SMPN 11 Padang. Berikut beberapa dokumentasi Kapusmendik selama melakukan monev AN 2023 di Kota Padang.

(Ibu Asrijanty memastikan kelancaran Gladi AN di SMPN 24 Padang kepada proktor dan pengawas dari Pusmendik)



(Ibu Asrijanty berdiskusi dengan Kepala Sekolah SMPN 24 Padang terkait kesiapan pelaksanaan AN di sekolah)



(Ibu Asrijanty berdiskusi dengan Kepala Sekolah SMP Adabiah)



(Ibu Asrijanty memberikan pengarahan kepada siswa-siswa di SMPN 11 Padang)


(Ibu Asrijanty bersama tim foto bersama dengan Kepala Sekolah dan guru-guru di SMPN 11 Padang)