Memuat Laman Pusat Asesmen Pendidikan

PUSAT ASESMEN PENDIDIKAN

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

PUSAT ASESMEN PENDIDIKAN MENUJU WBBM
Artikel
Home Artikel
Hari Pendidikan Internasional 2023: "Berinvestasi pada Manusia, Memprioritaskan Pendidikan"
Senin, 17 Juli 2023 8493x dilihat

Tanggal 24 Januari lalu kita memperingati Hari Pendidikan Internasional, dimana peringatan tersebut juga dilakukan setiap tahunnya. Di tahun 2023 kali ini, tema yang diusung dalam peringatan yang dikenal dengan istilah International Day of Education seperti dilansir situs United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) atau Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah 'To Invest in People, Prioritize Education' atau 'Berinvestasi pada Manusia, Memprioritaskan Pendidikan'.

Tema ini sebagai pengingat akan pendidikan yang harus diprioritaskan untuk mempercepat kemajuan menuju pembangunan berkelanjutan. Selain itu, semua orang di seluruh dunia diharapkan mendapat kesempatan menempuh pendidikan yang berkualitas.

"Mari berikan sistem pendidikan yang dapat mendukung masyarakat yang setara, ekonomi yang dinamis, dan impian tak terbatas dari setiap pelajar di dunia," kata Sekretaris Jenderal PBB António Guterres, dikutip dari situs resmi UNESCO, Kamis (19/1/2023).

Tanpa pendidikan berkualitas yang inklusif dan setara serta kesempatan seumur hidup untuk semua, suatu negara tidak akan berhasil mencapai kesetaraan gender dan memutus siklus kemiskinan yang menyebabkan jutaan anak, remaja, dan orang dewasa tertinggal.

Saat ini, 244 juta anak-anak dan remaja putus sekolah, dan 771 juta orang dewasa buta huruf. Hak mereka atas pendidikan dilanggar dan tidak dapat diterima. Saatnya mengubah pendidikan.

Sejarah Hari Pendidikan Internasional

Dikutip dari situs National Today, pada tahun 1989, Konvensi Hak Anak menyatakan bahwa semua negara wajib membuat pendidikan tinggi yang dapat diakses semua orang. Pendidikan adalah hak asasi manusia serta menjadi tanggung jawab publik.

Lalu, pada tahun 2015, pendidikan diakui sebagai hal yang mendasari keberhasilan Agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) tahun 2030. Hal ini dapat membantu masyarakat berkembang dan berkembang.

Pada Desember 2018, Majelis Umum Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) memproklamirkan tanggal 24 Januari sebagai Hari Pendidikan Internasional, untuk memperingati pendidikan dan merefleksikan pentingnya pembelajaran untuk pembangunan dan perdamaian di seluruh dunia. Memberikan pendidikan tidak terbatas pada institusi saja, akan tetapi masing-masing dari kita memiliki kewajiban untuk mendukung pendidikan yang berkualitas.

Hari Pendidikan Internasional adalah seruan untuk bertindak — membawa individu, masyarakat sipil, dan pembuat kebijakan untuk mengambil langkah tegas untuk memastikan bahwa pendidikan dasar dan menengah diberikan kepada anak-anak, serta meningkatkan keterlibatan pemuda dalam pendidikan. Program pembelajaran harus dirancang untuk kebutuhan demografi yang berbeda, menyatu dengan satu tujuan utama; membekali anak-anak dengan pendidikan yang dibutuhkan untuk pekerjaan dan masa depan yang lebih baik.

Maka tak lain, peringatan Hari Pendidikan Internasional setiap 24 Januari ini mempunyai beberapa tujuan, diantaranya:

  • Mengevaluasi kembali pendidikan dalam kehidupan kita
  • Mengidentifikasi dan mengatasi masalah pendidikan di masyarakat kita
  • Memastikan bahwa pendidikan dasar dan menengah diberikan kepada anak-anak
  • Meningkatkan keterlibatan pemuda dalam Pendidikan
  • Membekali anak-anak dengan pendidikan yang dibutuhkan untuk pekerjaan dan masa depan yang lebih baik.

International Education Day History Timeline

Hari Pendidikan Internasional kelima yang diperingati pada 24 Januari 2023 lalu tersebut berperan dalam membangun momentum global yang dihasilkan oleh KTT Pendidikan Transformasi PBB pada bulan September 2022, dimana dalam peringatan tahun ini menyerukan untuk mempertahankan mobilisasi politik yang kuat seputar pendidikan dan memetakan cara untuk mewujudkan komitmen dan inisiatif global menjadi tindakan nyata. Pendidikan harus diprioritaskan untuk mempercepat kemajuan merujuk pada seluruh Sustainable Development Goals dengan latar belakang resesi global, meningkatnya ketidaksetaraan dan krisis iklim.

Penulis :

Sawungaji Aryo D.


Sumber literasi:

https://www.unesco.org/en/days/education

https://nationaltoday.com/international-day-of-education/