Asesmen Nasional

Program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

---

VIDEO ASESMEN NASIONAL

Asesmen Nasional

Eum ad dolor et. Autem aut fugiat debitis voluptatem consequuntur sit. Et veritatis id.

Kebijakan Asesmen Nasional

Eum ad dolor et. Autem aut fugiat debitis voluptatem consequuntur sit. Et veritatis id.

Kepesertaan Asesmen Nasional

Eum ad dolor et. Autem aut fugiat debitis voluptatem consequuntur sit. Et veritatis id.

Model Pelaksanaan AN

Eum ad dolor et. Autem aut fugiat debitis voluptatem consequuntur sit. Et veritatis id.

Protokol Kesehatan AN

Eum ad dolor et. Autem aut fugiat debitis voluptatem consequuntur sit. Et veritatis id.

Berita

Asesmen Nasional sebagai Penanda Perubahan Paradigma Evaluasi Pendidikan

Peningkatan sistem evaluasi pendidikan adalah bagian dari kebijakan Merdeka Belajar yang juga didukung penuh oleh Presiden Joko Widodo. Tujuan utamanya adalah mendorong . . .

Features

Laboriosam et omnis fuga quis dolor direda fara

Eos aspernatur rem

Facilis neque ipsa

Volup amet voluptas

Rerum omnis sint

Alias possimus

Repellendus mollitia

Neque officiis dolore maiores et exercitationem quae est seda lidera pat claero

Consequuntur inventore voluptates consequatur aut vel et. Eos doloribus expedita. Sapiente atque consequatur minima nihil quae aspernatur quo suscipit voluptatem.

Repudiandae rerum velit modi et officia quasi facilis

Laborum omnis voluptates voluptas qui sit aliquam blanditiis. Sapiente minima commodi dolorum non eveniet magni quaerat nemo et.

Incidunt non veritatis illum ea ut nisi

Non quod totam minus repellendus autem sint velit. Rerum debitis facere soluta tenetur. Iure molestiae assumenda sunt qui inventore eligendi voluptates nisi at. Dolorem quo tempora. Quia et perferendis.

Consequuntur inventore voluptates consequatur aut vel et. Eos doloribus expedita. Sapiente atque consequatur minima nihil quae aspernatur quo suscipit voluptatem.

Repudiandae rerum velit modi et officia quasi facilis

Laborum omnis voluptates voluptas qui sit aliquam blanditiis. Sapiente minima commodi dolorum non eveniet magni quaerat nemo et.

Incidunt non veritatis illum ea ut nisi

Non quod totam minus repellendus autem sint velit. Rerum debitis facere soluta tenetur. Iure molestiae assumenda sunt qui inventore eligendi voluptates nisi at. Dolorem quo tempora. Quia et perferendis.

Consequuntur inventore voluptates consequatur aut vel et. Eos doloribus expedita. Sapiente atque consequatur minima nihil quae aspernatur quo suscipit voluptatem.

Repudiandae rerum velit modi et officia quasi facilis

Laborum omnis voluptates voluptas qui sit aliquam blanditiis. Sapiente minima commodi dolorum non eveniet magni quaerat nemo et.

Incidunt non veritatis illum ea ut nisi

Non quod totam minus repellendus autem sint velit. Rerum debitis facere soluta tenetur. Iure molestiae assumenda sunt qui inventore eligendi voluptates nisi at. Dolorem quo tempora. Quia et perferendis.

Ratione mollitia eos ab laudantium rerum beatae quo

Corporis voluptates sit

Consequuntur sunt aut quasi enim aliquam quae harum pariatur laboris nisi ut aliquip

Ullamco laboris nisi

Excepteur sint occaecat cupidatat non proident, sunt in culpa qui officia deserunt

Labore consequatur

Aut suscipit aut cum nemo deleniti aut omnis. Doloribus ut maiores omnis facere

Beatae veritatis

Expedita veritatis consequuntur nihil tempore laudantium vitae denat pacta

Molestiae dolor

Et fuga et deserunt et enim. Dolorem architecto ratione tensa raptor marte

Explicabo consectetur

Est autem dicta beatae suscipit. Sint veritatis et sit quasi ab aut inventore

F.A.Q

Frequently Asked Questions

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter) serta kualitas proses belajar-mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Asesmen Nasional perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid. Asesmen Nasional menghasilkan informasi untuk memantau (a) perkembangan mutu dari waktu ke waktu, dan (b) kesenjangan antar bagian di dalam sistem pendidikan (misalnya di satuan pendidikan: antara kelompok sosial ekonomi, di satuan wilayah antara sekolah negeri dan swasta, antar daerah, ataupun antar kelompok berdasarkan atribut tertentu). Asesmen Nasional bertujuan untuk menunjukkan apa yang seha rusnya menjadi tujuan utama sekolah, yakni pengembangan kompe tensi dan karakter murid. Asesmen Nasional juga memberi gambaran tentang karakteristik esensial sebuah sekolah yang efektif untuk mencapai tujuan utama tersebut. Hal ini diharapkan dapat mendorong sekolah dan Dinas Pendidikan untuk memfokuskan sumber daya pada perbaikan mutu pembelajaran.

Tidak, Asesmen Nasional tidak menentukan kelulusan. Asesmen Nasional diberikan kepada murid bukan di akhir jenjang satuan pendidikan. Asesmen Nasional juga tidak digunakan untuk menilai peserta didik yang menjadi peserta asesmen. Hasil Asesmen Nasional tidak akan memuat skor atau nilai peserta didik secara individual. Seperti dijelaskan sebelumnya, hasil Asesmen Nasional diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran. Dengan demikian, Asesmen Nasional tidak terkait dengan kelulusan peserta didik. Penilaian untuk kelulusan peserta didik merupakan kewenangan pendidik dan satuan Pendidikan

Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh satuan pendidikan tingkat dasar dan menengah di Indonesia, serta program kesetaraan yang dikelola oleh PKBM. Di tiap satuan pendidikan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh sebagian peserta didik kelas V, VIII, dan XI yang dipilih secara acak oleh Pemerintah. Untuk program kesetaraan, Asesmen Nasional akan diikuti oleh seluruh peserta didik yang berada pada tahap akhir program belajarnya. Selain peserta didik, Asesmen Nasional juga akan diikuti oleh guru dan kepala sekolah di setiap satuan pendidikan. Informasi dari peserta didik, guru, dan kepala sekolah diharapkan memberi informasi yang lengkap tentang kualitas proses dan hasil belajar di setiap satuan pendidikan.

Hal ini terkait dengan tujuan dan fungsi Asesmen Nasional. Asesmen Nasional tidak digunakan untuk menentukan kelulusan menilai prestasi murid sebagai seorang individu. Evaluasi hasil belajar setiap individu murid menjadi kewenangan pendidik. Pemerintah melalui Asesmen Nasional melakukan evaluasi sistem. Asesmen Nasional merupakan cara untuk memotret dan memetakan mutu sekolah dan sistem pendidikan secara keseluruhan. Karena itu, tidak semua murid perlu menjadi peserta dalam Asesmen Nasional. Yang diperlukan adalah informasi dari sampel yang mewakili popu lasi murid di setiap sekolah pada jenjang kelas yang menjadi target dari Asesmen Nasional.

Hasil Asesmen Nasional diharapkan menjadi dasar dilakukannya perbaikan pembelajaran. Pemilihan jenjang kelas V, VIII dan XI dimaksudkan agar murid yang menjadi peserta Asesmen Nasional dapat merasakan perbaikan pembelajaran ketika mereka masih berada di sekolah tersebut. Selain itu, Asesmen Nasional juga digu nakan untuk memotret dampak dari proses pembelajaran di setiap satuan pendidikan. Murid kelas V,VIII, dan XI telah mengalami proses pembelajaran di sekolahnya, sehingga sekolah dapat dikatakan telah berkontribusi pada hasil belajar yang diukur dalam Asesmen Nasional.

Asesmen Nasional tidak menggantikan peran UN dalam mengeva luasi prestasi atau hasil belajar murid secara individual. Namun Asesmen Nasional menggantikan peran UN sebagai sumber infor masi untuk memetakan dan mengevaluasi mutu sistem pendidikan. Sebagai alat untuk mengevaluasi mutu sistem, Asesmen Nasional akan menghasilkan potret yang lebih utuh tentang kualitas hasil belajar serta proses pembelajaran di sekolah. Laporan hasil Asesmen Nasional akan dirancang untuk menjadi “cermin” atau umpan balik yang berguna bagi sekolah dan Dinas Pendidikan dalam proses evaluasi diri dan perencanaan program.

Asesmen Nasional mengukur kompetensi mendasar (general capa bilities) yang dapat diterapkan secara luas dalam segala situasi. Kompetensi mendasar ini perlu dipelajari oleh semua murid dan sekolah, sehingga dibangun melalui pembelajaran beragam materi kurikulum lintas mata pelajaran. Target asesmen yang sekedar mengukur penguasaan murid akan konten atau materi kurikulum menjadi tidak relevan karena di era informasi saat ini, pengetahuan faktual semakin mudah diperoleh dan diakses oleh hampir setiap orang. Sekedar mengetahui menjadi tidak cukup dan kurang relevan. Asesmen Nasional berfokus mengukur pada kemampuan murid untuk menggunakan dan mengevaluasi pengetahuan yang diperoleh dari beragam materi kurikulum untuk merumuskan serta menyelesaikan masalah. Asesmen Nasional menggeser fokus dari keluasan pe ngetahuan menuju kedalaman kompetensi dari kurikulum.

Warga belajar diwajibkan menempuh ujian kesetaraan untuk dinyatakan lulus pendidikan non-formal. Asesmen Nasional meru pakan ujian kesetaraan yang menjadi salah satu syarat kelulusan. Oleh karena itu, peserta Asesmen Nasional dalam pendidikan jalur non-formal tidak dipilih secara acak oleh Kemdikbud. Peserta Asesmen Nasional pendidikan jalur non formal adalah warga belajar yang mendaftarkan diri untuk ujian kesetaraan. Hasil ujian kese taraan tersebut sekaligus digunakan sebagai Rapor PKBM.

Asesmen Nasional terdiri dari (3) instrumen, yaitu :
  1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid
  2. Survei karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid; dan
  3. Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat sekolah

Asesmen Nasional tidak menggantikan peran UN dalam mengevaluasi prestasi atau hasil belajar murid secara individual

Bentuk soal Asesmen Nasional terdiri dari :
  1. Pilihan ganda;
  2. Pilihan ganda kompleks;
  3. Menjodohkan;
  4. Isian Singkat; dan
  5. Uraian

  1. Berbasis Komputer, daring atau semi daring
  2. Berbagi sarana prasarana/ dalam pelaksanaan AN resource sharing Mandiri menumpang

Pemantauan, Evaluasi dan Pelaporan pelaksanaan Asesmen Nasional dilakukan oleh Panitia tingkat Pusat, Provinsi, LPMP, Kabupaten/Kota, Satuan Pendidikan serta Panitia di Luar Negeri sesuai dengan tugas dan kewenangannya

Portfolio

Check our latest work

  • All
  • App
  • Card
  • Web

App 1

App

Web 3

Web

App 2

App

Card 2

Card

Web 2

Web

App 3

App

Card 1

Card

Card 3

Card

Web 3

Web

Testimonials

What they are saying about us

Proin iaculis purus consequat sem cure digni ssim donec porttitora entum suscipit rhoncus. Accusantium quam, ultricies eget id, aliquam eget nibh et. Maecen aliquam, risus at semper.

Saul Goodman

Ceo & Founder

Export tempor illum tamen malis malis eram quae irure esse labore quem cillum quid cillum eram malis quorum velit fore eram velit sunt aliqua noster fugiat irure amet legam anim culpa.

Sara Wilsson

Designer

Enim nisi quem export duis labore cillum quae magna enim sint quorum nulla quem veniam duis minim tempor labore quem eram duis noster aute amet eram fore quis sint minim.

Jena Karlis

Store Owner

Fugiat enim eram quae cillum dolore dolor amet nulla culpa multos export minim fugiat minim velit minim dolor enim duis veniam ipsum anim magna sunt elit fore quem dolore labore illum veniam.

Matt Brandon

Freelancer

Quis quorum aliqua sint quem legam fore sunt eram irure aliqua veniam tempor noster veniam enim culpa labore duis sunt culpa nulla illum cillum fugiat legam esse veniam culpa fore nisi cillum quid.

John Larson

Entrepreneur

Team

Our hard working team

Walter White

Chief Executive Officer

Velit aut quia fugit et et. Dolorum ea voluptate vel tempore tenetur ipsa quae aut. Ipsum exercitationem iure minima enim corporis et voluptate.

Sarah Jhonson

Product Manager

Quo esse repellendus quia id. Est eum et accusantium pariatur fugit nihil minima suscipit corporis. Voluptate sed quas reiciendis animi neque sapiente.

William Anderson

CTO

Vero omnis enim consequatur. Voluptas consectetur unde qui molestiae deserunt. Voluptates enim aut architecto porro aspernatur molestiae modi.

Amanda Jepson

Accountant

Rerum voluptate non adipisci animi distinctio et deserunt amet voluptas. Quia aut aliquid doloremque ut possimus ipsum officia.

Laman Terkait

PISA
ANBK
SIAP
AKM Kelas

Berita Terkini

Rapat Koordinasi Sosialisasi Uji Kesetaraan 2023, Kepala BSKAP: Uji Kesetaraan ini sifatnya opsional/tidak wajib

Selengkapnya

Rapat Koordinasi Pendataan Uji Kesetaraan Tahun 2023

Selengkapnya

Mitigasi Resiko Asesmen Nasional Tahun 2022

Selengkapnya

Contact

Contact Us

Address

A108 Adam Street,
New York, NY 535022

Call Us

+1 5589 55488 55
+1 6678 254445 41

Email Us

info@example.com
contact@example.com

Open Hours

Monday - Friday
9:00AM - 05:00PM

Loading
Your message has been sent. Thank you!